Jakarta, Petrominer – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru saja meluncurkan layanan Contact Center ESDM 136, Rabu pagi (16/8). Layanan yang dapat diakses melalui ponsel ataupun telepon rumah dengan cukup menekan 136 ini merupakan salah satu upaya dalam berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Contact Center ESDM 136 ini akan melayani pertanyaan, keluhan dan permintaan informasi masyarakat sejak pukul 07:00 hingga pukul 17:00 WIB setiap hari Senin hingga Jum’at. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu akan diaktifkan fitur Interactive Voice Respond (IVR),” ujar Sektretaris Jenderal Kementerian ESDM, Ego Syahrial.

Ego menjelaskan, infrastruktur IT dan sistem komunikasi Contact Center ESDM 136 ini didukung penuh oleh Iconplus (ICON+), yang merupakan anak perusahaan PT PLN (Persero) yang menangani penyediaan jaringan, jasa, dan content telekomunikasi. Ini merupakan bentuk sinergitas antara Pemerintah dan Badan Usaha.

Selain itu, terwujudnya Contact Center ESDM 136 ini juga didukung oleh Telkom, sebagai penyedia jasa nomor telepon 136, dan juga operator telekomunikasi lainnya, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Smartfren, Tri Indonesia dan (STI).

Menurutnya, layanan Contact Center ESDM 136 ini mempunyai total 12 agen costumer service officer yang terdiri dari 7 agen call, 2 agen sosial media dan 3 team leader. Layanan ini juga mempunyai agen-agen perwakilan dari seluruh unit-unit yang ada di lingkungan Kementerian ESDM.

Ego juga memaparkan lima hal penting terkait Contact Center ESDM 136.

Pertama, Contact Center ESDM 136 tidak menggantikan fungsi contact center PLN 123, Pertamina 1500-000 dan PGN yang telah ada selama ini. Ini justru akan memperkuat keberadaan contact center tersebut. Untuk keluhan dan pengaduan pelanggan Listrik, BBM, LPG tetap diutamakan melalui contact center ketiga BUMN tersebut.

Kedua, Contact Center ESDM 136 ini akan membantu penanganan pelayanan mayarakat terhadap ESDM seperti mulai dari pelayanan informasi publik, urusan perizinan ESDM, peraturan tentang ESDM maupun informasi terkait dengan bencana geologi.

Ketiga, untuk pertanyaan yang tidak bisa langsung terjawab saat itu juga, kami akan menjawab balik via email dan/atau telepon balik, sebagai bentuk pelayanan yang responsif.

Keempat, biaya yang dikenakan pada masyarakat jika menelpon ke Contact Center ESDM 136 adalah biaya lokal. Untuk masyarakat yang menelpon diluar area Jakarta maka tetap akan dikenakan biaya lokal, adapun biaya telepon Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ) akan ditanggung ESDM. Pembiayaan lokal perlu dibebankan untuk menghindari telepon “iseng” atau “prank call” yang dapat mengganggu kinerja Contact Center ESDM 136. Khusus untuk pengguna Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI), untuk sementara waktu jika menelepon dari luar Jakarta diharuskan menggunakan kode area 021 dan dibebaskan dari biaya telepon hingga periode tertentu.

Kelima, layanan Contact Center ESDM 136 ini ke depan akan ditingkatkan dengan aplikasi yang berbasis AI (Artificial Intelegence) yang saat ini masih dikembangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here