Pertamina Refinery Unit II, Dumai, Riau

Dumai, Petrominer – Dengan menerapkan protokol pananganan Covid-19, Kilang Pertamina Refinery Unit (RU) II Dumai tetap beroperasi 24 jam selama 7 hari. Ketentuan ini dilakukan menyusul pemberlakuan siaga Covid-19 di kota Dumai, Riau, sejak 19 Maret 2020 lalu.

“Kami tetap berkomitmen memasok kebutuhan energi nasional dengan beroperasi 24 jam selama 7 hari di masa pandemi Covid-19,” Unit Manager Communication, Relations & CSR Refinery Unit II Pertamina, Brasto Galih Nugroho, Sabtu (9/5).

Brasto menegaskan, Pertamina memastikan dapat terus memenuhi kebutuhan energi nasional dengan tetap memperhatikan protokol penanganan Covid-19 yang berlaku. Mulai dari menggunakan masker, menempatkan sarana cuci tangan dan hand sanitizer, pembentukan posko Covid-19, pemeriksaan suhu dan kesehatan sebelum masuk kilang/kantor/perumahan, hingga self monitoring (monitoring mandiri) kesehatan yang dilaporkan setiap harinya ke manajemen Kantor Pusat dan Unit Operasi, physical distancing.

Menurutnya, kebijakan bekerja dari rumah atau work from home dijalankan untuk beberapa bidang kerja yang dapat menjalankan tugasnya secara jarak jauh guna membatasi intensitas interaksi fisik atau physical distancing di lingkungan Pertamina RU II. Meski begitu, untuk pekerja dan mitra kerja di bidang yang terkait langsung dengan operasional kilang, jam kerja tetap dilaksanakan secara normal dengan pembagian tiga jadwal shift untuk menjalankan operasional kilang sepanjang 24 jam sehari.

“Langkah ini diambil selain untuk menjalankan arahan dari pemerintah, juga sebagai upaya meminimalisir kemungkinan penyebaran Covid-19. Untuk pekerja dan mitra kerja yang tetap masuk kerja, serangkaian protokol dan program preventif terus dilaksanakan,” ujar Brasto.

Hingga saat ini, sebanyak 989 pekerja Pertamina dan 997 Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) Pertamina RU II di kilang Dumai, kilang Sungai Pakning dan aset Pangkalan Brandan tetap bekerja baik di kilang, kantor maupun work from home.

Kilang Sungai Pakning di Bengkalis, Riau, saat ini sedang menjalankan kegiatan pemeliharaan. Ini melibatkan tenaga kerja lokal sebagai upaya untuk tetap memberikan pendapatan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here