Group Head Human Capital Management PGN, Baskara Agung Wibawa.

Jakarta, Petrominer – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berhasil meraih tiga penghargaan dalam “Indonesia Human Capital Award (IHCA) VI Tahun 2020”. Penyerahan penghargaan yang diselenggarakan oleh Economic Review ini dilakukan secara daring, Jum’at lalu (24/7).

Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi PGN dalam hal pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk menunjang peningkatan kinerja perusahaan. Tentu saja, kinerja itu didukung penggunaan teknologi Human Capital Information System (HCIS), mulai dari proses Rekrutmen Pekerja sampai dengan Retirement Pekerja.

PGN meraih penghargaan untuk kategori The Best in Human Capital Digital Adaption, The Best Human Capital in Public Company, dan The Best in Digital Transformation Human Capital. Penghargaan diterima oleh Group Head Human Capital Management PGN, Baskara Agung Wibawa.

“Syukur Alhamdulillah, kami diberikan kesempatan untuk mendapatkan apresiasi ini. Adanya pandemi Covid-19 cukup berpengaruh terhadap kegiatan operasi PGN, sehingga kami melaksanakan sejumlah cara baru agar operasi perusahaan tetap berjalan. Inovasi dengan memanfaatkan teknologi untuk peningkatan kinerja pekerja, menjadi salah satunya sebagai budaya baru sebagai adaptasi di tengah pandemi,” ujar Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama, Kamis (30/7).

Rachmat menjelaskan bahwa PGN telah menyiapkan program yang mengedepankan adaptasi teknologi informasi dan komunikasi digital. Apalagi, saat ini mobilitas pekerja dan pertemuan-pertemuan yang dibatasi.

“Beberapa program budaya di PGN yang kini menjadi seperti online learning series dan kompetisi inovasi yang ujungnya diharapkan dapat berdampak pada kinerja internal, pelayanan pelanggan, dan profitabilitas perusahaan,” ungkapnya.

Di tengah era adaptasi Covid-19, menurut Rachmat, protokol kesehatan tetap diterapkan di setiap kegiatan operasi PGN, terutama kegiatan di lapangan. Di sisi lain, kondisi ini juga telah memacu PGN untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi digital untuk menunjang kinerja.

“Dalam rangka mendukung pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19, HCM Division PGN telah melakukan inovasi yaitu membangun aplikasi Geo Tagging Presence yang berfungsi untuk membatasi pergerakan antar lokasi Pekerja serta aplikasi Covid-19 Tracking sebagai sarana mengumpulkan informasi kondisi kesehatan seluruh Pekerja PGN,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here