Kilang TPPI di Tuban, Jawa Timur.

Jakarta, Petrominer – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyatakan siap memaok gas bumi untuk kebutuhan energi dan bahan baku kilang milik PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban, Jawa Timur. Kesanggupan itu dituangkan dalam sebuah Pokok-pokok Kerja Sama atau Heads of Agreement (HOA) yang ditandatangani kedua pihak, Jum’at (9/8).

“HOA ini merupakan dasar pelaksanaan bagi penyusunan Perjanjian Jual Beli Gas dengan waktu yang akan disepakati oleh kedua pihak. HOA ini intinya akan memayungi kerja sama yang saling menguntungkan diantara PGN dengan TPPI yang tergabung dalam Pertamina Group,” ujar Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso usai menandatangani HOA tersebut bersama Presiden Direktur TPPI, Yulian Dekri.

Saat ini, jelas Gigih, industri petrochemical merupakan salah satu dari lima segmen besar industri yang menggunakan gas bumi. PGN melayani 320 pelanggan petrochemical dengan volume 127 BBTUD. Sektor chemical mengambil porsi 15 persen dari porsi segmen industri.

PGN yang sekarang menjalankan perannya sebagai subholding gas merupakan badan usaha distribusi dan transmisi gas bumi yang mengelola mayoritas infrastruktur di seluruh Indonesia. PGN komitmen untuk terus meningkatkan pemanfaatan gas bumi utamanya untuk pemenuhan kebutuhan di berbagai sektor di dalam negeri.

Sementara TPPI merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang usaha energi dan petrokimia. TPPI juga memiliki perjanjian pengolahan gas bumi sebagai bahan baku.

Kedua entitas berkomitmen untuk membangun kemitraan strategis, dengan memanfaatkan kompetensi masing-masing. Terlebih lagi, kerja sama ini akan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat dan perekonomian nasional.

“Melalui kerjasama pemanfaatan gas bumi ini, PGN diharapkan mampu membuktikan dan memberikan dampak nyata terhadap akses energi gas bumi ke seluruh masyarakat,” ujar Gigih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here