Menteri ESDM, Arifin Tasrif. (Petrominer/Fachry Latief)

Jakarta, Petrominer – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, melantik dua orang pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian ESDM, Senin (25/11). Mereka adalah Sujatmiko sebagai Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) dan Teuku Mohamad Faisal sebagai Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA).

Dalam sambutannya, Arifin minta Sujatmiko untuk segera melakukan penataan perusahaan tambang batubara, terutama terkait perizinan dan kewajiban perusahaan untuk kebutuhan dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO). Menteri juga minta Direktur Pembinaan Batubara yang baru untuk mendorong inovasi pemanfaatan batubara.

“Kepada Saudara Sujatmiko, saya tugaskan agar segera melakukan penataan kembali perusahaan tambang batubara, terutama terkait dengan perizinan dan kewajiban DMO untuk kebutuhan dalam negeri. Saya juga berharap agar pemanfaatan batubara dalam negeri terus didorong melalui berbagai inovasi, salah satunya pemanfaatan batubara sebagai bahan bakar gas alternatif selain LPG atau Dimethyl Ether (DME),” tuturnya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM Arifin Tasrif baru saja melantik Teuku Mohamad Faisal sebagai Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA).

Sementara kepada Kepala BPMA yang baru, Arifin berharap dapat mengelola potensi migas di Aceh dengan maksimal. Pasalnya, masih ada sumber-sumber migas di Aceh yang perlu dieksplorasi.

“Ke depannya kami akan lakukan kegiatan eksplroasi untuk bisa medeteksi sumber-sumber baru sehingga wilayah kerja Aceh tetap untuk jangka panjang,” ujar Arifin.

Dalam kesempatan itu, Arifin juga menyebutkan bahwa masih banyak program strategis di sektor ESDM yang membutuhkan perhatian dari pemangku kepentingan di sektor ESDM. Di antaranya adalah penyelesaian proyek pengembangan dan pembangunan enam kilang, mewujudkan target rasio elektrifikasi nasional menjadi 100 persen, memastikan pelaksanaan B30 dapat berjalan dengan baik, serta mendorong dan memastikan pembangunan smelter dapat berjalan dengan baik.

Rincian Pejabat yang dilantik:

NO NAMA

JABATAN LAMA

JABATAN BARU

JABATAN

UNIT ES II UNIT ES I JABATAN UNIT ES II

UNIT ES I

1 Ir. Sujatmiko Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Direktorat Pembinaan Pengusahaan Batubara Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara
2 Teuku Mohamad Faisal, S.T., M.M. Deputi Operasi Deputi Operasi Badan Pengelola Migas Aceh Kepala Badan Pengelola Migas Aceh Badan Pengelola Migas Aceh

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here