Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Jakarta, Petrominer – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk masyarakat umum. Pembukaan CPNS ini dilakukan secara serentak dengan seluruh Kementerian/Lembaga serta Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia.

“Tahun ini Kementerian ESDM akan membuka kembali formasi CPNS berdasarkan usulan yang telah disetujui oleh Kemen-PAN RB, tunggu pengumuman lebih rinci 11 November nanti,” ujar Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi, Jum’at (1/11).

Agung menjelaskan, pendaftaran CPNS akan dilakukan pada 11-24 Nopember 2019 secara online melalui https://sscasn.bkn.go.id/. Untuk tahun ini, peserta hanya bisa mendaftar pada satu instansi juga satu formasi di kementerian/ lembaga/pemda.

Dalam kesempatan itu, dia mengingatkan para pelamar agar menyiapkan dokumen persyaratan dengan sebaik-baiknya. Dokumen persyaratan tersebut antara lain: scan Kartu Tanda Penduduk (KTP), pas foto dan swafoto, serta ijazah serta transkrip untuk memastikan jurusan pelamar sesuai dengan formasi yang dituju. Sedangkan untuk formasi yang dibutuhkan akan diumumkan segera di kanal resmi Kementerian ESDM.

“Bagi yang tertarik mengabdi membangun sektor ESDM, diharapkan segera menyiapkan syarat administrasi dimaksud, dan yang paling penting jangan percaya apabila yang menawarkan bantuan dan meminta imbalan, semua rekruitmen di Kementerian ESDM semua fair dan tidak berbayar,” tegas Agung.

Alur pendaftaran CPNS 2019.

Setelah pendaftaran ditutup akhir Nopember 2019 nanti, dilanjutkan pengumuman hasil seleksi administrasi bulan Desember 2019. Bulan Januari 2020, pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), bulan Pebruari 2020 pelaksanaan SKD, dan hasilnya akan menjadi dasar pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan dilaksanakan pada Maret 2020.

Sebagai informasi, tahun ini, Pemerintah membuka 152.250 formasi CPNS yang tersebar di 68 kementerian/lembaga (K/L) dan 462 pemerintah daerah (Pemda).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here