Pendirian tiang sebagai bagian dari program listrik desa di Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Halmahera Selatan, Petrominer – PT PLN (Persero) terus berupaya meningkatkan Rasio Elektrifikasi di Maluku dan Maluku Utara dengan terus melistriki desa-desa yang belum berlistrik. Salah satu bukti nyata adalah dengan dilistrikinya lima desa di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, pada hari Sabtu (18/5).

Kelima desa tersebut adalah Desa Liaro, Desa Wayakuba, Desa Sumatinggi, Desa Indari dan Desa Nondang. Dengan begitu, tinggal 36 desa lagi di Kabupaten Halmahera Selatan yang akan dilistriki PLN hingga tahun 2020 mendatang.

“Kini, Rasio Elektrifikasi PLN di Provinsi Maluku Utara telah mencapai 88,16 persen dengan target 90,89 persen di tahun 2019,” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Romantika Dwi Juni Putra, akhir pekan lalu.

Dalam melistriki desa-desa, jelas Romantika, PLN memiliki dua misi yang sangat penting, yakni meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan juga mendorong perekonomian masyarakat.

“PLN juga memiliki cita-cita untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi hingga tahun 2020-2021, namun terdapat beberapa kendala di lapangan yang belum memadai seperti infrastruktur yang belum siap, seperti jalan dan pelabuhan. Apalagi, peningkatan Rasio Eletrifikasi malah dilakukan di daerah yang jauh dan minim infrastruktur,” ujarnya.

Dalam melistriki kelima desa tersebut, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 28,93 Kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2,7 kms dan Gardu Distribusi sebanyak 6 buah.

Dengan demikian, diharapkan hadirnya listrik di kelima desa tersebut dapat membantu meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat dan juga membantu berbagai aktivitas lainnya, seperti misalnya kegiatan belajar anak-anak yang kini mendapatkan penerangan di malam hari.

Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba menyampaikan apresiasi kepada PLN karena telah melistriki kelima desa tersebut pada Bulan Ramadan ini.

“Mari kita berikan apresiasi dan dukungan kepada PLN yang telah bekerja keras dan bekerjasama yang baik sehingga program ini dapat berjalan dan terlaksana dengan baik,” ujar Bahrain saat meresmikan penyalaan listrik di kelima desa tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here