Jakarta, Petrominer – Kini, masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan akses jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Sebuah layanan baru, “Contact Center ESDM 136”, disiapkan untuk masyarakat yang ingin berinteraksi dengan Kementerian ESDM.

Layanan baru ini, yang diluncurkan Rabu pagi (16/8), dapat diakses melalui ponsel ataupun telepon rumah dengan cukup menekan 136. Ini merupakan salah satu upaya dari Pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Menteri ESDM, Ignasius Jonan, Contact Center ESDM 136 dibentuk untuk memudahkan masyarakat dalam berinteraksi dengan Kementerian ESDM. Baik berupa pertanyaan, pemberian informasi, maupun pelaporan permasalahan terkait sektor ESDM yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Dengan layanan baru ini, Jonan berharap, Kementerian ESDM semakin baik dalam melayani masyarakat. Ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Kementerian ESDM.

“Contact Center ESDM 136 merupakan tindak lanjut arahan dari Bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang meminta semua unit kerja Pemerintah itu mempunyai semangat untuk melayani masyarakat. Keberadaan contact center ini menunjukkan meningkatnya semangat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” paparnya.

Selain layanan melalui telepon ke ESDM 136, Contact Center ESDM juga mencakup layanan publik melalui Media Sosial seperti Twitter (@KementerianESDM), Facebook (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral), Instagram (@kesdm), maupun Youtube (Kementerian ESDM). Hal ini merupakan upaya Kementerian ESDM menjawab perkembangan zaman dalam melayani publik karena pelayanan informasi publik tidak saja lewat email, datang langsung, tetapi lewat telepon dan media sosial.

“Komunikasi publik, kita buka tidak hanya lewat email atau datang langsung, tetapi juga via telepon dan media sosial. Ini kita launching dan akan kita sempurnakan terus mengikuti perkembangan zaman,” ujar Jonan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here