SKK Migas dan CPI telah menyalurkan sekitar 2.000 pakaian dekontaminasi (hazmat), lebih dari 165.000 masker, 6.000 botol hand sanitizer, 73 tempat tidur dan matras medis, termometer inframerah, dan 3.700 paket sembako.

Jakarta, Petrominer – SKK Migas dan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) bergerak membantu masyarakat sejak awal pandemi Covid-19 dengan menyediakan berbagai kebutuhan darurat. Setelah menyalurkan berbagai bantuan di Riau, Kalimantan Timur, dan DKI Jakarta, Selanjutnya, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas ini menggulirkan tiga program lanjutan yang bertujuan mempersiapkan kemapanan masyarakat di berbagai bidang.

Sr. VP Corporate Affairs CPI, Wahyu Budiarto, menjelaskan ketiga program tersebut berkaitan dengan ketahanan pangan (pemulihan), promosi kesehatan (pencegahan), dan bantuan kesiapsiagaan kondisi darurat. Pelaksanaan program direncanakan mulai Agustus hingga akhir tahun 2020 ini.

“Dengan tambahan program lanjutan ini, total bantuan yang telah diberikan CPI selama masa pandemi mencapai Rp 11,6 miliar,” ujar Wahyu, Selasa (25/8).

Sejak awal pandemi Covid-19, SKK Migas dan CPI memberi dukungan dan kontribusi atas upaya Pemerintah dan institusi terkait agar masyarakat dapat terjaga dari paparan virus.

“Kami juga akan melaksanakan program lanjutan yang memfokuskan pada penguatan kapasitas masyarakat dan tenaga kesehatan di sekitar wilayah operasi Perusahaan. Tujuannya membantu masyarakat untuk beradaptasi dengan pola dan perilaku hidup yang baru,” ungkapnya.

Untuk program terkait ketahanan pangan, SKK Migas dan CPI akan menyelaraskan dengan program Pemerintah guna membantu kelompok-kelompok tani di sekitar wilayah operasi CPI yang terdampak di masa pandemi. Kemudian di bidang kesehatan, program didesain untuk mendukung upaya pemerintah dalam penyediaan sarana air bersih, serta penguatan perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat di tingkat akar rumput melalui serangkaian kegiatan edukasi.

Yang ketiga, program lanjutan terkait bantuan kesiapsiagaan kondisi darurat. Bantuan ini berupa Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan, tempat tidur pasien, dan bantuan paket sembako bagi masyarakat yang membutuhkan. Bantuan disalurkan melalui koordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

Sebelumnya, SKK Migas dan CPI telah menyalurkan sekitar 2.000 pakaian dekontaminasi (hazmat), lebih dari 165.000 masker, 6.000 botol hand sanitizer, 73 tempat tidur dan matras medis, termometer inframerah, dan 3.700 paket sembako. Keseluruhan bantuan tersebut diberikan ke tujuh kabupaten/kota di Riau, dua kabupaten/kota di Kalimantan Timur, dan DKI Jakarta.

Selain bantuan dari Perusahaan, CPI juga menggugah semangat kesukarelawanan para pegawai dan keluarganya melalui komunitas masing-masing, seperti ikatan alumni, jaringan pegawai wanita, persatuan ibu-ibu, dan lain-lain. Secara sukarela, mereka mengumpulkan dana dan membagikan bantuan kepada ribuan warga masyarakat, seperti APD, multivitamin, susu, hand sanitizer, fasilitas sanitasi umum, paket sembako, dan disinfektan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here