Sejumlah warga yang terbagi dalam beberapa kelompok pun sibuk melukis di tembok-tembok sepanjang jalan akses menuju RW 01 dan RW 02 Kelurahan Rawa Badak Selatan.

Jakarta, Petrominer – Selama masa PSBB transisi, pesan untuk terus mematuhi protokol Covid-19, menjaga kebersihan, serta meningkatkan daya tahan tubuh terus digaungkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mendukung hal tersebut, PT Pertamina (Persero) melalui Integrated Terminal Jakarta terus berupaya mengedukasi masyarakat sekitar daerah operasinya melalui kegiatan kreatif yang menyenangkan.

Salah satunya dengan menggelar lomba melukis bentuk pola karya seni di tembok-tembok (mural) yang berisi pesan-pesan mengenai protokol kesehatan. Kegiatan lomba ini, yang digelar di Keluarahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, menggugah antusiasme para anak-anak muda dan bahkan ibu-ibu setempat.

“Kami melihat antusiasme dan potensi yang tinggi dari anak-anak muda Karang Taruna yang saat ini sedang sekolah dari rumah, juga ibu-ibu PKK yang aktif di keluruhan ini. Maka kami berikan mereka ruang untuk menyalurkan gagasan, kreativitas, dan peran serta mengedukasi masyarakat, sekaligus memperindah lingkungan tempat tinggalnya,” ujar Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region III, Dewi Sri Utami, Minggu (5/7).

Dewi menjelaskan, dalam menggelar kegiatan lomba mural tematik tersebut, Pertamina berkolaborasi dengan masyarakat Kelurahan Rawa Badak Selatan. Para peserta ditantang untuk berekpresi sekaligus menyajikan ruang edukasi pencegahan Covid-19 bagi masyarakat melalui media seni mural.

Sejak Rabu pagi (1/6), sejumlah warga yang terbagi dalam beberapa kelompok pun sibuk melukis di tembok-tembok sepanjang jalan akses menuju RW 01 dan RW 02 Kelurahan Rawa Badak Selatan. Terik matahari tidak menyurutkan semangat mereka dalam bergulat dengan kuas dan aneka warna cat untuk membuat karya mural di kampung mereka.

“Dengan tetap memperhatikan physical distancing antar pelukis, sedikit-demi sedikit mulai terlihat bentuk pola karya seni yang berisi pesan-pesan mengenai protokol kesehatan,” ungkapnya.

Lomba mural tematik yang dilaksanakan hingga Kamis sore (2/7) tersebut dinilai oleh tim juri dari Integrated Terminal Manager Jakarta, Bayu Prostiyono beserta timnya, didampingi Lurah Rawa Badak Selatan, Suhaena, yang terlihat antusias menyemangati warga di lokasi kegiatan.

“Tema dan momentum kegiatan ini saya rasa tepat sekali dalam upaya mengembalikan RW 01 dan RW 02 menjadi zona hijau. Maka saya mengucapkan terima kasih kepada Pertamina atas dukungannya, semoga ke depan dapat berkolaborasi dalam mengembangkan program-program baru untuk masyarakat,” ujar Suhaena.

Dinding-dinding yang menjadi media mural pun dipilih bersama dengan warga RW 01 dan RW 02. Tujuannya agar pesan-pesan positif tersebut mendapatkan atensi dari warga yang kerap bermobilitas setiap hari. Beberapa lokasi diantaranya merupakan jalan akses keluar dan masuk warga menuju area pemukiman, hingga lokasi seperti Balai Warga tempat bersilaturahmi.

“Pelaksanaan lomba juga tetap mengikuti protokol Covid-19. Pemilihan tembok mural sengaja tidak berdekatan. Peserta tetap menjaga jarak aman selama melukis, wajib menggunakan masker, dan selalu diingatkan untuk mencuci tangan setelah melukis,” jelas Dewi.

Para peserta ditantang untuk berekpresi sekaligus menyajikan ruang edukasi pencegahan Covid-19 bagi masyarakat melalui media seni mural.

Dewi menambahkan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian program Kampung Safety yang diinisiasi Pertamina sejak awal tahun 2020 ini, bekerjasama dengan Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara.

Program Kampung Safety ditujukan untuk membangun budaya keselamatan, keamanan dan kesehatan lingkungan bersama. Perwakilan warga yang menjadi Duta Safety diberikan sejumlah pelatihan mengenai keselamatan seperti penggunaan LPG serta instalasi listrik yang aman dan benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here