Jakarta, Petrominer – Sejumlah perusahaan, termasuk perusahaan di sektor energi, berhasil meraih penghargaan bidang Corporate Social Responsibility (CSR), yakni TOP CSR Awards 2020. Penyerahan penghargaan yang diselenggarakan oleh majalah Top Business ini digelar di Sultan Hotel, Jakarta, Rabu (29/7).

Perusahaan energi dengan program CSR terbaik diantaranya adalah Kideco Jaya Agung, Geo Dipa Energi, PLN, PGN, Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Asmin Bara Bronang dan Borneo Indobara.

Sementara perusahaan lainnya di antaranya adalah Rekayasa Industri, Kereta Api Indonesia, Pelabuhan Indonesia IV, Pelabuhan Indonesia I, Pupuk Indonesia, Bank BRI, Hutama Karya, Perkebunan Nusantara III, Pupuk Sriwidjaja Palembang, dan Petrokimia Gresik.

Ketua penyenggara TOP CSR Awards 2020, Moh Lutfi Handayani, yang juga Pemimpin Redaksi majalah Top Business, menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 120 finalis dari 200 perusahaan peserta. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, yang sebanyak 72 finalis dari 150 perusahaan peserta.

Menurut Lutfi, kegiatan tahunan TOP CSR Awards ini tidak hanya sekedar ajang pemberian penghargaan kepada perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR yang efektif dan berkualitas saja. Event ini juga menjadi sarana pembelajaran bersama bagi para peserta untuk meningkatkan kualitas program CSR dalam mendukung bisnis yang berkelanjutan.

Relaunching LSD

Dalam rangkaian kegiatan penyerahan penghargaan tersebut, diluncurkan kembali Leader-Forum for Sustainable Development (LSD). Ini merupakan forum komunikasi dan kerjasama tingkat tinggi bagi para leader/Pimpinan perusahaan/Pimpinan Unit CSR/Pimpinan Organisasi dan Instansi Pemerintahan agar dapat menjalankan tanggung jawab sosial yang efektif dan berkualitas. Forum ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan daya saing bisnis dan perekonomian nasional, menuju pembangunan yang berkelanjutan.

Lutfi menjelaskan, LSD dibentuk dengan tujuan mendorong adopsi program CSR berbasisi ISO 26000 sebagai inisiatif strategik yang harus terintegrasi dengan strategi bisnis perusahaan, dan mendorong kerjasama CSR dan penyelerasan CSR-CSR Indonesia dengan Program Pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here