Havidz Kus Hidayatullah, B2B Marketing Manager, ExxonMobil Lubricants Indonesia dan Meyki Budi Ferdian, National Sector Manager Mining, ExxonMobil Lubricants Indonesia; foto bersama di sebelah alat peraga atau replika Sistem GOLD (Grease One-Way Logistics and Distribution) di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (13/9).

Jakarta, Petrominer – Mobil Lubricants perkenalkan sistem penyimpanan dan pengangkutan pelumas khusus untuk industri pertambangan. Sistem yang diberi nama GOLD (Grease One-Way Logistics and Distribution) ini diharapkan bisa meningkatkan efisiensi distribusi dan logistik sektor pertambangan.

Mobil Lubricants memperkenal sistem GOLD dalam pameran Mining Indonesia 2017 yang berlangsung selama 13-16 September 2017 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta. Produk baru ini diperlihatkan Bersama jajaran produk unggulan lainnya selama pameran itu.

Menurut B2B Marketing Manager ExxonMobil Lubricants Indonesia, Havidz Kus Hidayatullah, Sistem GOLD merupakan pengganti wadah penyimpanan produk pelumasan. Sistem GOLD dapat menyimpan hingga 816 kilogram pelumas atau setara dengan 5 wadah pelumas konvensional. Selain itu, sistem ini mampu melindungi pelumas selama proses pemindahan dan distribusi dari kontaminasi udara atau air yang bisa merusak kualitas pelumas sehingga dapat mengurangi downtime.

“Sistem GOLD terbukti mampu menjaga kualitas grease selama proses perpindahan produk pelumasan dan menjaga pelumas terbebas dari kontaminasi. Sistem ini juga dapat menekan biaya operasional dan menghemat waktu dibandingkan menggunakan wadah pelumasan konvensional,” ujar Havidz, Rabu (13/9).

Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa Mobil Lubricants berkomitmen untuk memberikan inovasi teknologi yang telah terbukti mampu melindungi perangkat mesin industri untuk masa pakai yang lebih lama serta menjaga performa mesin tetap prima. Dengan hadirnya Sistem GOLD sebagai salah satu perangkat unggulan, inovasi ini diharapkan bisa membantu para pelaku industri pertambangan mengubah tantangan menjadi keuntungan dalam rencana jangka panjang bisnis yang berkelanjutan.

Hemat Biaya

Pada kesempatan yang sama, National Sector Manager Mining, ExxonMobil Lubricants Indonesia, Meyki Budi Ferdian, menjelaskan bahwa penggunaan Sistem GOLD diharapkan dapat membantu industri untuk menekan biaya logistik dan waktu yang dibutuhkan pada proses distribusi produk pelumasan. Tidak hanya itu, sistem ini juga mengurangi kerugian yang akan dialami perusahaan dengan hanya menyisakan kurang dari 1 persen kehilangan pelumas yang tersisa di wadah, jika dibandingkan penggunaan wadah biasa yang akan mengakibatkan kehilangan lebih dari 15 persen dari total pelumas.

Di tengah ketatnya persaingan bisnis, para pelaku industri pertambangan perlu memperhatikan faktor efisiensi, baik dari segi teknis maupun pemilihan perangkat produksi yang tepat, agar dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Di Amerika Serikat, para ahli dari Mobil Lubricants merekomendasikan penggunaan Sistem GOLD ini kepada sebuah perusahaan tambang batubara sebagai salah satu proses ujicoba. Terbukti dengan Sistem GOLD, perusahaan ini bisa melakukan penghematan biaya proses keamanan dan pengurangan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi truk pemindah pelumas sebesar US$ 19.750 atau setara dengan Rp 263.445.250.

Selain itu, terdapat peningkatan penghematan pengeluaran dengan mengurangi jumlah limbah pelumas yang tersisa didalam wadah sebesar US$ 1.912 atau setara dengan Rp 25.504.168. Hal ini menyebabkan perusahaan berpotensi melakukan penghematan sebesar US$ 21.662 atau setara dengan Rp 288.992.401 per tahunnya dengan menggunakan Sistem GOLD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here