Panglima TNI Marsekal (TNI) Hadi Tjahjanto dan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto usai menandatangani MoU Pengamanan Aset dan Operasi Hulu Migas Nasional di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta, Selasa (12/11).

Jakarta, Petrominer – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) kembali menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk pengamanan aset dan operasi industri hulu minyak dan gas bumi (Migas).

Hal itu ditandai dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara SKK Migas dan TNI yang dilakukan oleh Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dan Panglima TNI Marsekal (TNI) Hadi Tjahjanto di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta, Selasa (12/11).

MOU ini akan menjadi payung kerjasama operasional dengan Matra TNI yang terkait dengan wilayah operasi dan aset hulu migas di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam sambutannya, Dwi Soetjipto menyampaikan bahwa industri hulu migas memiliki nilai strategis bagi ketahanan dan kedaulatan wikayah Indonesia. Pasalnya, sektor ini memberikan kontribusi besar bagi negara dan menguasai hajat hidup masyarakat pada berbagai sendi kehidupan.

“Sebagian aset hulu migas berada di daerah terluar dan perbatasan Indonesia sehingga dapat disinergikan dengan TNI dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara,” tegasnya.

Sementara Panglima TNI menyampaikan apresiasi atas inisiatif SKK Migas menggandeng institusi TNI untuk terlibat dalam upaya membangun ketahanan energi di Indonesia. Apalagi, energi saat ini memiliki peran penting terkait dengan ketahanan suatu negara.

“Terima kasih atas kepercayaan SKK Migas yang melibatkan TNI untuk ikut menjaga kelancaran dalam pengelolaanmigas, ini aset strategis yang kuasai hajat hidup orang banyak,” kata Panglima TNI.

Dia menegaskan bahwa pengamanan TNI bukanlah dalam rangka Dwi Fungsi TNI. Namun sudah ada undang-undang yang menempatkan TNI sebagai salah satu kekuatan negara dalam pengamanan aset strategis nasional sebagai tugas integral mengamankan seluruh NKRI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here