Jakarta, Petrominer – PT Pertamina (Persero) memastikan bahwa pasokan LPG selama periode satgas Natal dan Tahun baru mencukupi dan aman. Selama periode itu, Pertamina melakukan pemantauan stock di tiap-tiap daerah melalui perwakilan di masing-masing Marketing Operation Region. Hasilnya, tidak ada indikasi kekurangan pasokan.

Selama satgas Natal dan Tahun Baru, Pertamina telah menyalurkan sebanyak 28.250 tabung dalam operasi pasar dan telah terserap sebanyak 22.486, di mana puncak penyerapan tertinggi terjadi pada tanggal 18-31 Desember 2017.

“Namun pada natal dan tahun baru, penyerapan operasi pasar mulai menurun karena stok di masyarakat masih tersedia,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, Rabu (10/1).

Menurut Adiatma, skenario operasi pasar hanya dilakukan di beberapa titik untuk melakukan normalisasi harga LPG di tingkat pengecer serta untuk mengedukasi masyarakat untuk membeli LPG di jalur distribusi resmi Pertamina. Dengan begitu, kondisi pasokan LPG di masyarakat selama satgas Natal dan Tahun Baru dari tanggal 18 Desember 2017 -8 Januari 2018 mencukupi.

Sebagaimana terjadi di Pekanbaru, Pertamina bekerjasama dengan Pemda setempat telah menggulirkan Operasi Pasar dengan tujuan agar penyaluran LPG 3 kg tepat sasaran. Hal yang sama juga terjadi di Ogan Ilir, Sumatera Selatan dimana operasi pasar terserap sekitar 34% dari tabung LPG yang disediakan.

Adiatma menyatakan adanya beberapa isu kelangkaan LPG 3 kg salah satunya di Temanggung, justru di wilayah tersebut Pertamina sebelumnya telah memberikan tambahan alokasi LPG 3 Kg sekitar 2-3 persen dibandingkan konsumsi harian normal.

“Selama satgas Natal dan Tahun Baru, Pertamina menyiapkan titik-titik suplai yang bisa diakses masyarakat dengan mudah, tidak terbatas di agen dan pangkalan LPG tetapi juga di SPBU serta operasi pasar di beberapa wilayah,” jelasnya.

Dia menambahkan, harga LPG 3 kg sesuai Harga Eceran Tertinggi yang ditetapkan pemerintah, bisa didapatkan di outlet Agen LPG, pangkalan LPG dan SPBU yang merupakan jalur distribusi resmi Pertamina. Namun apabila sudah di jalur pengecer, bukan lagi dibawah kendali Pertamina. “Jika masyarakat ingin mendapatkan LPG 3 kg sesuai harga Eceran Tertinggi, bisa membeli di jalur distribusi resmi kami,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here