PGN komitmen memperkuat dan memperluas pemanfaatan gas bumi di Indonesia melalui pembangunan infrastruktur gas di berbagai sektor, mulai dari kelistrikan, industri, transportasi, UMKM dan rumah tangga.

Jakarta, Petrominer – PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) menyatakan siap menjalankan peran Sub Holding Gas dalam upaya memperluas pemanfaatan gas bumi ke seluruh wilayah di Indonesia melalui pembangunan infrastruktur gas bumi nasional. PGN juga siap menjadi kepanjangan tangan pemerintah dan masyarakat untuk akses energi gas bumi yang lebih terjangkau, ramah lingkungan dan kompetitif.

“PGN akan mengelola rantai bisnis midstream dan downstream secara terintegrasi, baik optimasi pasokan, infrastruktur, maupun pengelolaan pasar di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso, Kamis (8/8).

Langkah ini tentunya akan meningkatkan kehandalan penyaluran gas bumi, serta penyediaan gas dengan harga yang kompetitif dengan tetap memperhatikan keberlangsungan usaha penyediaan gas bumi.

Menurut Gigih, sejalan dengan makin meningkatnya permintaan BBM, isu lingkungan juga menyeruak beberapa di kalangan masyarakat ibukota. Dalam mengurai permasalahan ini, gas bumi adalah salah satu jawabannya.

“Diharapkan dengan meningkatnya pemanfaatan gas bumi akan memangkas defisit realisasi pemanfaatan gas domestik yang ujungnya akan memberikan dampak signifikan terhadap ketergantungan impor migas dan multiplier effect dari pemanfaatan gas bumi di sektor kelistrikan, industri, UMKM, transportasi dan rumah tangga,” tegasnya.

Gigih menegaskan, PGN sebagai Sub Holding Gas mempunyai pondasi kokoh untuk melanjutkan pengembangan infrastruktur sepanjang 565 km di tahun 2019, baik pipa transmisi maupun distribusi. PGN juga telah melakukan beragam terobosan dalam menjaga realibilitas pasokan melalui moda transportasi gas bumi berbasis LNG di Jawa Timur, Jawa Barat dan Lampung.

Terobosan lain untuk akselerasi pemanfaatan gas bumi adalah sinergi dengan holding migas dalam melayani kebutuhan energi bagi kilang, pemanfaatan gas bumi untuk program konversi BBM ke BBG di sektor transportasi dan program 4,7 juta pelanggan rumah tangga.

“Sebagai subholding gas, PGN bersama-sama dengan Pertamina sebagai holding BUMN Migas akan selalu menjadi mitra Pemerintah dan tools strategic negara untuk mencapai target-target pembangunan infrastruktur dan peningkatan pemanfaatan gas bumi domestik,” ujar Gigih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here