Jakarta, Petrominer – Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Petrochina Jabung Limited menandatanganani kontrak jasa pengadaan pipa untuk fasilitas produksi di lapangan Panen, Jambi. Kontrak pengadaan pipa untuk “Panen Sub Trunkline and Main Pipeline” itu dilakukan dengan dengan penyedia jasa PT Meindo Elang Indah.

Kontrak jasa pipa tersebut ditandatangani oleh Pjs. President Petrochina, Maryke Pulunggono, dan Deputi President Director Meindo Elang Indah, Richard Chandra Chan, di kantor Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Jum’at (3/5).

Usai menyaksikan penandatanganan kontrak jasa tersebut, Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas, Tunggal, menyebutkan bahwa kontrak jasa senilai US$ 11,8 juta ini diharapkan dapat selesai sesuai target pada Kuartal IV 2019. Dengan kontrak yang selesai tepat waktu, Petrochina juga diharapkan dapat meningkatkan target produksinya dari 2.700 barel per hari (bopd) menjadi 4.000 bopd, dan produksi gas mencapai sebesar 15 juta kaki kubik per hari (MMscfd).

“Dengan peningkatan produksi yang sesuai dengan komitmen, Petrochina ditargetkan dapat menyumbang penerimaan negara sebesar US$ 249 juta,” tegas Tunggal.

Kontrak yang diharapkan selesai tepat waktu ini juga didukung percepatan proses pengadaan dari disetujuinya rencana pengadaan sampai dengan penunjukan pemenang yang selesai hanya dalam kurun waktu 37 hari kerja. Percepatan proses memang menjadi prestasi, namun bukan hanya dari segi waktu saja, kontraktor dan penyedia jasa juga berkomitmen dalam kontrak untuk menggunakan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar 70 persen.

Salah satu penggunaan pipa ini diproduksi oleh produsen pipa dalam negeri yang merupakan anggota Asosiasi Industri Besi dan Baja Indonesia atau The Indonesian Iron and Steel Industry Association (IISIA). IISIA merupakan gabungan enam asosiasi besar dengan total anggota mencapai 200 perusahaan baja dan besi dari sektor hulu hingga hilir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here