Para petugas PLN di lapangan bekerja siang malam 24 jam tanpa henti. Mereka disebar untuk mendirikan lagi tiang yang roboh akibat terjangan banjir maupun tanah longsor.

Bengkulu,  Petrominer – Setelah berjuang selama 7 hari, tepat pada pukul 16.45 WIB Jum’at (3/5), PT PLN (Persero) telah berhasil menyelesaikan 100 persen proses recovery kelistrikan pasca bencana banjir dan longsor di Bengkulu.

PLN berhasil memasang 4 tiang yang patah akibat longsor yang berada di satu lokasi. Langkah ini disusul dengan penyalaan listrik bagi 140 pelanggan.

“Hari ini kita berhasil memasang 4 tiang di Desa Tabah Durian sekaligus berhasil menyalakan listrik bagi 140 pelanggan. Dengan demikian, proses recovery telah selesai 100 peren,” ungkap Senior Manager Distribusi PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu, Abdul Haris.

Sebanyak 161 gardu telah dinormalkan sehingga berhasil menyalakan 9.844 pelanggan (100 persen). Selain itu, PLN juga berhasil memperbaiki 4 penyulang. Perbaikan tiang patah telah selesai dilakukan sebanyak 96 batang tiang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dan 5 batang tiang Jaringan Tegangan Rendah (JTR).

Upaya penyelesaian recovery kelistrikan tidak luput dari kesulitan akibat lokasi yang terisolir. Akses jalan menuju lokasi sulit karena jalan putus sehingga menyebabkan kendaraan tidak bisa melintas, selain itu banyaknya material longsor yang menutupi jalan.

“Kami segera berkoordinasi dengan beberapa pihak, seperti Wakil Bupati Bengkulu Tengah, Camat, Kepala Desa, TNI, Polri serta Babinsa, hingga masyarakat setempat. Alhamdulillah dengan cepat direspon dengan datangnya bantuan alat berat dari Pemerintah Provinsi Bengkulu,” kata Manager PLN ULP Kepahiang, Gema Sabarani.

Wakil Bupati Bengkulu Tengah, Septi Feryadi, yang juga turut meninjau lokasi recovery, memberikan apresiasi luar biasa bagi para petugas PLN yang telah berjibaku membuka medan yang sulit.

“Ribuan terima kasih saya ucapkan kepada PLN yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah dalam upaya memperbaiki jaringan-jaringan listrik yang terputus, sehingga pada hari ini semua jaringan listrik di Kabupaten Bengkulu Tengah dan semuanya telah menyala. Kami ucapkan juga terima kasih kepada para relawan,” ucap Septi Feryadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here