Operasional beberapa SPBU di Jakarta sempat terganggu menyusul unjuk rasa yang berlangsung, Kamis (8/10).

Jakarta, Petrominer – Menyusul unjuk rasa di Jakarta dan sekitarnya, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III memastikan operasional penyaluran BBM dan LPG ke masyarakat terpenuhi dan kondusif.

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III, Eko Kristiawan, menjelaskan bahwa wilayah MOR III yang melingkupi DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat memiliki beberapa terminal BBM dan terminal LPG sebagai sumber pasokan.

“Kami senantiasa berkoordinasi sehingga fasilitas distribusi Pertamina di wilayah Jawa bagian Barat dapat menopang kebutuhan masyarakat,” ujar Eko, Jum’at (9/10).

Untuk wilayah Jabodetabek, menurutnya, kebutuhan BBM dan LPG disuplai dari Integrated Terminal Jakarta Group di Sunter, Jakarta Utara. Meski begitu, apabila diperlukan Pertamina bisa melakukan alih suplai dari Fuel Terminal dan LPG Terminal lainnya seperti Tanjung Gerem dan Tanjung Sekong, Bandung Group dan Balongan, Jawa Barat.

Eko juga memastikan pasokan BBM di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) berjalan lancar. Pertamina telah menyiapkan bagi kebutuhan BBM masyarakat di wilayah ini dari Integrated Terminal Balongan, Jawa Barat.

“Integrated Terminal Balongan memasok kebutuhan BBM hingga 2.600 KL per hari. Sebagian besar kebutuhan dipenuhi dari kilang Pertamina Balongan,” ungkapnya.

Alternatif SPBU

Lebih lanjut Eko mengungkapkan bahwa pihaknya juga terus meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan kerja, terutama pada operasional SPBU.

Kamis malam (8/10) di Jakarta, Pertamina telah menghentikan sementara operasional SPBU 34.11104 di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat. Ini terpaksa dilakukan seiring dengan intensitas aksi yang cukup tinggi.

Karena itulah, jelasnya, bagi pengendara yang melintas di sekitar Jl Hayam Wuruk dapat memperoleh BBM di SPBU alternatif yang terdekat, yakni:

  1. SPBU 34.10101 di Jalan KH Zainul Arifin.
  2. SPBU 34.10701 di Jalan Sawah Besar.
  3. SPBU 31.10702 di Jalan H Samanhudi.
  4. SPBU 31.10703 di Jalan Mangga Besar.

Sementara di wilayah Kabupaten Bekasi, Pertamina juga sempat menghentikan sementara operasional SPBU 34.17536 di Jalan Raya Fatahilah, Kamis malam.

Meski begitu, masyarakat tidak perlu khawatir. Pasalnya, Pertamina telah menyiagakan SPBU alternatif dengan jarak terdekat, yakni:

  1. SPBU 34.17507 Jalan Raya Fatahilah.
  2. SPBU 34.17543 di Jalan Raya Imam Bonjol.

“Pertamina akan mengoperasikan kembali SPBU tersebut sewaktu-waktu, jika suasana telah kondusif,” ungkapnya.

Sejalan dengan itu, Pertamina juga terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk memastikan kelancaran operasional distribusi BBM dan LPG. Untuk informasi produk dan layanan, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here