Indonesia Power Saguling POMU (Power Generation and O&M Services Unit) mendapat Penghargaan Kecelakaan Nihil Tahun 2020 dari Kementerian Ketenagakerjaan.

Jakarta, Petrominer – Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah menyampaikan selamat dan berpesan agar PT Indonesia Power dapat terus meningkatkan ketaatannya terhadap aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Indonesia Power juga diminta menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk selalu taat terhadap K3.

Hal itu disampaikan Ida Fauziyah usai menyerahkan Anugerah Penghargaan K3 2020 yang dilakukan secara daring, Kamis (8/10). Dalam penghargaan kali ini, Indonesia Power Saguling POMU (Power Generation and O&M Services Unit) dipercaya sebagai Wakil Perusahaan Penerima Penghargaan Kecelakaan Nihil Tahun 2020.

Penghargaan K3 diberikan sebagai motivasi dan dorongan bagi perusahaan dan instansi untuk meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan. Penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah dan perusahaan yang berhasil mencapai nihil kecelakaan, melakukan penerapan SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan melakukan program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja.

Dalam kesempatan itu, Menaker juga mengingatkan untuk terus meningkatkan penerapan SMK3 di perusahaan dan adaptasi dengan berbagai perubahan yang ada, seperti halnya saat pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi di Indonesia bahkan dunia.

Dalam penghargaan tahun ini, Indonesia Power berhasil memborong beberapa kategori penghargaan yang diraih oleh unit-unit usahanya. Dengan rincian, 18 Unit meraih penghargaan kategory Zero Accident, 8 Unit meraih penghargaan kategori P2HIV (Pencegahan dan Penaggulangan HIV/AIDS) dan 5 Unit berhasil meraih penghargaan kategori SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

PLTA Saguling POMU sendiri saat ini telah mencapai 35.484.935 jam kerja orang dengan tanpa terjadi kecelakaan. Data tersebut terhitung sejak 1 Januari 1996 sampai dengan 31 Desember 2019.

Direktur Operasi 1 Indonesia Power, M. Hanafi Nurifa’i, mengungkapkan apresiasi dan harapannya atas capaian yang ditunjukkan unit-unit Indonesia Power yang telah memaksimalkan dan selalu menerapkan SMK3 dalam manajement perusahaan.

”Saya ucapkan selamat kepada 18 unit Indonesia Power memperoleh sertifikat atau award Zero Accident tahun 2019/2020. Harapan saya ke depan dan seterusnya agar selalu Zero Accident dan Safety adalah jiwa kita dalam mengoperasikan pembangkit,” ujar Hanafi usai menerima penghargaan tersebut secara simbolis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here