Petugas PT. Pertagas Niaga melakukan pengecekan instalasi Meter Regulating Station (MRS) di Taman, Sidoarjo, Jawa Timur, yang menyalurkan gas bersubsidi ke Jaringan Gas (jargas) rumah tangga.

Jakarta, Petrominer – Menyusul beroperasikan ruas pipa gas Duri-Dumai, PT Pertagas Niaga terus menjaring konsumen industri baru di kawasan Dumai, Riau. Kali ini adalah pembangkit listrik yang memasok kebutuhan listrik di kawasan industri tersebut.

Sebuah perjanjian jual beli gas telah disepakati oleh Pertagas Niaga dengan PT Riau Perkasa Energi. Kesepakatan jual beli tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Pertagas Niaga, Linda Sunarti, dan Komisari Riau Perkasa Energi, Atep Nandang Sukandar, Selasa (4/12).

Berdasarkan perjanjian itu, anak usaha PT Pertamina Gas (Pertagas) ini akan memasok gas sebesar 5 BBTUD untuk pembangkit listik milik Riau Perkasa Energi. Gas ditargetkan akan mengalir mulai tahun 2019.

“Gas akan dialirkan melalui pipa transmisi Duri-Dumai hingga sampai ke wilayah Dumai untuk dijadikan energi pembangkit listrik. Sebagai kawasan industri yang terus berkembang, Dumai memerlukan pasokan listrik yang stabil. Pasokan gas ini diharapkan juga bisa mendorong pertumbuhan industri di sana,” ujar Linda.

Kawasan Duri Dumai menjadi target pengembangan pasar Pertagas Niaga pasca beroperasinya ruas pipa transmisi Duri-Dumai 24 Nopember 2018 lalu, yang merupakan hasil kerjasama antara PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk. dan Pertagas. Pipa gas sepanjang 67 km ini dibangun dengan nilai investasi US$ 70 juta.

Lihat juga: Gas Mulai Mengalir dari Duri ke Dumai

Sebelum beroperasinya pipa gas Duri-Dumai, Pertagas Niaga telah memasok lebih dahulu salah satu industri di Dumai, yakni PT Energi Sejahtera Mas. Pasokan tersebut dilakukan dengan menggunakan Liquefied Natural Gas (LNG) trucking yang berasal dari Kilang Arun, di Lhokseumawe, Aceh.

Pertagas Niaga adalah anak perusahaan Pertagas yang bergerak dalam bidang niaga gas baik melalui jaringan gas pipa, Compressed Natural Gas (CNG), LNG maupun pengelolaan jaringan gas kota (City Gas). Suplai gas Pertagas Niaga diperoleh dari lapangan gas yang dioperasikan oleh PT Pertamina EP, PT Pertamina Hulu Energi maupun KKKS lainnya di Indonesia.

Lihat juga: Sinergi Pertamina-PGN Bangun Pipa Gas Duri-Dumai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here