Salah satu MRU Envogas yang dioperasikan PT Pertagas Niaga.

Semarang, Petrominer – PT Pertagas Niaga (PTGN) mulai memasok Compressed Natural Gas (CNG) Envogas untuk bahan bakar gas bagi bus Trans Semarang. Pasokan perdana mulai dilakukan bersamaan dengan Grand Launching BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang yang berbahan bakar gas, Rabu (9/1).

“Pada tahap awal, pasokan CNG Envogas diperoleh dari mobile refuelling unit (MRU) dan selanjutnya akan disuplai oleh 3 SPBG di kota Semarang yang dibangun Pertamina melalui dana APBN,” ujar VP Commercial Java Pertagas Niaga, Kusdi Widodo.

Menurut Kusdi, pemanfaatan CNG Envogas ini dilakukan guna mendukung konversi energi BBM ke BBG. Hal ini juga dapat mendukung pemanfaatan energi bersih yang ramah lingkungan, lebih efisien dan hemat.

“Pemanfaatan CNG oleh 72 armada bus Trans Semarang koridor 1, 5, 6 dan 7 ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas transportasi dan juga menyumbang lingkungan yang lebih bersih bagi warga Semarang dan sekitarnya. Langkah ini juga untuk mendukung program pemerintah terkait diversifikasi BBM ke bahan bakar gas,” paparnya.

MRU adalah solusi untuk pemanfaatan gas bagi kebutuhan industri dan transportasi dengan cara cepat, MRU didesain khususnya untuk memenuhi kebutuhan gas bagi wilayah yang belum tersambung jaringan pipa gas.

“Artinya di manapun saat ini suplai CNG mendukung ketahanan energi yang dibutuhkan bagi industri maupun transportasi,” jelas Kusdi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here