TGI Pipeline System.

Jakarta, Petrominer – Hanya beberapa hari sebelum alih kelola blok Rokan, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menunjuk PT Transportasi Gas Indonesia (TGI) untuk mengangkut gas bumi melalui pipa guna mendukung operasional blok minyak dan gas bumi di Riau tersebut. Kedua belah pihak menandatangai Perjanjian Pengangkutan Gas Bumi (PPG), Jum’at (6/8).

Berdasarkan PPG ini, TGI akan memberikan jasa pengangkutan gas melalui pipa transmisi kepada PHR selaku operator blok Rokan terhitung mulai 9 Agustus 2021. Gas yang akan diangkut sebesar 170 MMscfd bersumber dari blok Corridor yang dikelola oleh ConocoPhillips dan blok Jambi Merang yang dikelola oleh PHE Jambi Merang di Sumatera Selatan.

Direktur Utama PHR, Jaffee Arizon Suardin, mengatakan bahwa penandatanganan PPG ini dilakukan untuk memastikan pengangkutan gas untuk blok Rokan dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan operasional.

“Kami ingin TGI sebagai mitra kerja PHR selalu mengutamakan HSSE. Terlebih lagi dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, kami mengharapkan usaha ekstra dari TGI, karena keselamatan setiap individu sangat berharga,” ujar Jaffee.

Menurut Direktur Utama TGI, Gamal Imam Santoso, ini merupakan kelanjutan kontribusi nyata TGI untuk mendukung program produksi minyak pemerintah dalam rangka ketahanan energi nasional. Sebelumnya TGI juga telah memberikan jasa pengangkutan gas untuk blok Rokan sejak TGI berdiri pada tahun 2002.

Selain PPG dengan PHR, secara total saat ini TGI melayani jasa pengangkutan gas untuk 16 PPG yang mendukung produksi minyak, kilang, kelistrikan, industri, hingga jaringan rumah tangga dan pelanggan kecil (Jargas) melalui dua ruas pipa Grissik-Duri dan Grissik-Batas Negara Singapura.

“Melalui kegiatan usaha tersebut, TGI dapat memberikan pemasukan kepada Negara dalam bentuk pajak dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sekitar kurang lebih Rp 3,8 triliun sejak beroperasi,” ungkap Gamal.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa TGI merupakan bagian dari grup PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) yang juga merupakan Subholding Gas Pertamina. Para pemegang saham TGI terdiri dari PGN dan Transasia Pipeline Company Pvt. Ltd. selaku strategic partners.

“TGI memiliki dan mengoperasikan 2 ruas pipa transmisi 28 inch yaitu Grissik-Duri sepanjang 536 km dan Grissik-Batas Negara Singapura sepanjang 468 k , dengan Hak Khusus Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa yang telah diperpanjang oleh BPH Migas untuk kedua ruas pipa tersebut,” terang Gamal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here