Oxygen Generator, kepedulian Pertamina EP Papua Field hasilkan oksigen di Taman Wisata Kota Sorong.

Jakarta, Petrominer – Pertamina EP Papua Field merehabilitasi Taman Wisata Kota Sorong, Papua Barat dengan melakukan penanaman sejumlah pohon lokal. Kepedulian terhadap lingkungan ini dilakukan untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan sehingga produktivitas dan peranannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga.

General Manager Zona 14 Regional Indonesia Timur, Djudjuwanto, menjelaskan bahwa kegiatan rehabilitasi tersebut bekerja sama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Papua Barat dan Kelompok Tani Hutan (KTH) Matoa. Ini juga merupakan suatu wadah untuk Transfer Kompetensi dari Manajemen beserta Staff Papua Field kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Matoa atau Masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan penanaman.

“Dengan penananan pohon ini, kami berharap daya dukung, produktivitas dan peranan hutan dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga,” ujar Djudjuwanto, Jum’at (31/12).

Kegiatan penanaman 500 pohon lokal dan 100 pohon buah di area seluas 1 hektar tersebut mengambil tema Oxygen Generator, yaitu penghasil oksigen dengan penanaman pohon. Adapun jenis pohon yang ditanam terdiri dari 200 batang pohon matoa, 200 batang pohon merbabu, 100 pohon agatis, dan 100 batang pohon cempedak.

“Kami berharap pohon ini akan tumbuh besar seiring dengan berjalannya waktu sehingga dapat menjadi paru-paru dari Kota Sorong serta dapat bermanfaat untuk memperkuat fungsi hutan sebagai resapan air, serta kelak menjadi rumah bagi satwa liar yang ada di Taman Wisata Alam Kota Sorong ini,” jelas Field Manager Papua Field, Abdul Rachman PB.

Kegiatan ini merupakan keberlanjutan program Konservasi Keanekaragaman Hayati, di mana pada tahun 2020 dilakukan penanaman sebanyak 500 pohon lokal sehingga total pohon sampai dengan tahun 2021 mencapai 1.000 pohon lokal yang ditanam di area Rehabilitasi Taman Wisata Alam Kota Sorong, Papua Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here