Operator Alertness System Light Vehicle (OAS-LV) produksi Hexagon.

Jakarta, Petrominer – Operator Alertness System (OAS) Hexagon untuk kendaraan ringan telah terpilih sebagai pemenang Mining Magazine Safety Award 2019. Penghargaan tahunan di industri pertambangan ini dipilih oleh pembaca yang diakui punya komitmen luar biasa untuk memajukan industri pertambangan.

“Tahun ini, kami menerima rekor jumlah nominasi kaliber sangat tinggi. Ini artinya kami harus memperluas lagi beberapa kategori yang lebih populer,” kata Editor Mining Magazine, Nia Kajastie, dalam siaran pers yang diterima Petrominer, Selasa (28/1).

“Selamat untuk Hexagon karena memenangkan penghargaan Keselamatan,” ucapnya.

HxGN MineProtect Operator Alertness System Light Vehicle (OAS-LV) adalah unit deteksi komputasi terhadap kelelahan dan gangguan. Menggunakan visi komputer AI, alat ini menyajikan pemantauan real-time dari kewaspadaan operator di dalam kabin melalui semua peralatan seluler ukuran sedang dan menengah, serta pada kendaraan ringan, bus, dan semi-truk. Dalam hal gangguan, kantuk, dan tertidur, para pengemudi (operator) menerima pemberitahuan secara real time, sehingga memungkinkan mereka untuk bertindak guna mencegah terjadinya kecelakaan.

Kelelahan adalah bahaya abadi di dunia tambang, di mana operator kendaraan menghadapi pergerakan yang panjang dan monoton, bahkan di malam hari dan jarak pandang yang buruk. OAS-LV memperluas portofolio Hexagon untuk solusi keselamatan operator dan mencegah operator tertidur di belakang kemudi, sehingga terhindari dari menabrak atau kelelahan lainnya serta insiden terkait gangguan.

Perangkat dalam kabin tersebut mudah dipasang dan berfungsi baik dalam kondisi terang maupun gelap, maupun melalui kacamata. Perangkat OAS-LV berkomunikasi dan berintegrasi mulur dengan server analisis OAS-HV, untuk memantau armada kendaraan berat dan ringan. Alat ini merupakan pemantau kewaspadaan operator jarak jauh paling canggih.

Direktur Divisi Tambang Hexagon, Josh Weiss, menjelaskan bahwa OAS-LV adalah teknologi terbaru dalam komitmen Hexagon untuk membantu pelanggan mengejar zero harm (nol bahaya) di lokasi tambang.

“Kami sangat senang menerima penghargaan ini, yang dengan jelas mengakui pentingnya melindungi orang dan peralatan. Kami juga sangat senang karena teknologi kami benar-benar telah menyelamatkan jiwa,” kata Weiss.

Ini adalah kedua kalinya dalam tiga tahun terakhir Hexagon memenangkan Mining Magazine Safety Award. Pada tahun 2017, produk Hexagon lainnya, yakni sistem intervensi kendaraan HxGN MineProtect VIS, meraih penghargaan serupa.

Hexagon adalah perusahaan global dalam sensor, perangkat lunak, dan teknologi otonom. Perusahaan yang berkantor di Tucson, Arizona, AS, ini menerapkan data untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas di seluruh aplikasi industri, manufaktur, infrastruktur, keselamatan, dan mobilitas.

Divisi Tambang Hexagon berupaya mengatasi tantangan tambang permukaan dan bawah tanah dengan teknologi yang telah terbukti untuk perencanaan, operasi, dan keselamatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here