Peta lokasi sumur Cengkih di lepas pantai Serawak, Malaysia.

Abu Dhabi, Petrominer – Mubadala Energy mengkonfirmasi penemuan reservoir gas berkualitas baik yang ditembus oleh sumur eksplorasi Cengkih-1 di blok SK320, lepas pantai Sarawak, Malaysia. Analisa awal menunjukkan kolom gas yang signifikan lebih dari 110 meter di dalam reservoir pinnacle carbonate reef.

CEO Mubadala Energy, Mansoor Mohamed Al Hamed, menyatakan penemuan ini semakin memperkuat posisi Mubadala di Malaysia sebagai operator yang andal dan tepercaya dengan kemampuan teknis yang mendalam. Penemuan cadangan gas baru ini menyusul keberhasilan dimulainya proyek gas unggulan Pegaga di Malaysia.

“Permintaan gas di Asia Tenggara terus tumbuh dan kami berharap dapat membantu memenuhi kebutuhan energi tersebut, sejalan dengan strategi kami untuk berperan aktif dalam transisi energi,” ungkap Mansoor, Selasa (20/9)

Sumur eksplorasi Cengkih-1 terletak di dekat lapangan Pegaga, salah satu lapangan di blok SK320, yang baru-baru ini berproduksi secara komersial. Lapangan Pegaga mencatat penemuan 1 TCF gas tambahan, pasca pengeboran yang mengkonfirmasi reservoir yang lebih besar dan berkualitas lebih baik.

“Selain membangun posisi kuat Mubadala Energy di Malaysia, hasil ini juga memperkuat strategi perusahaan untuk memperluas posisinya di gas alam sebagai bahan bakar jembatan utama dalam transisi energi,” ujar Mansoor.

Mubadala Energy adalah operator blok SK320, dengan kepemilikan 55 persen participating interest (PI) dalam Kontrak Bagi Hasil. Sisanya 45 persen dipegang oleh PETRONAS Carigali Sdn Bhd dan Sarawak Shell Berhad. Sejak memasuki Malaysia pada tahun 2010, Mubadala Energy telah membuat enam penemuan gas dengan rasio keberhasilan 75 persen, angka yang jauh lebih tinggi dari rata-rata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here