Jakarta, Petrominer – Sebagai perusahaan yang bertugas melistriki nusantara secara optimal, PT PLN (Persero) terus berupaya melistriki seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Aceh, Nias dan seluruh Kepulauan Sumatera bagian Utara sampai ke Ternate, Sorong, dan Jayapura. Saat ini, PLN menyatakan kondisi elektrifikasi nasional sudah mencapai 98,3 persen.

Sejalan dengan tugas tersebut, PLN pun berpartisipasi aktif dalam kegiatan Deep & Extreem Indonesia (DXI) 2019. Ini merupakan perhelatan besar tahunan yang menghadirkan pameran, lomba dan diskusi seputar olah raga wisata bahari, selam, petualangan outdoor ekstrem, yang kini memasuki tahun penyelenggaraan ke-13. PLN hadir dalam kegiatan tersebut dengan mengusung tagline ‘Electricity Energy Optimism for A Better Life’.

“Kesertaan PLN dalam kegiatan ini sejalan dengan komitmen PLN menerangi seluruh daerah di Indonesia, termasuk pulau dan daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), yang sangat berpotensi menjadi daerah tujuan wisata, termasuk juga wisata ekstrim yang semangatnya diusung dalam penyelenggaraan DXI 2019,” ujar Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Panitia DXI 2019, Dharmawan Sutanto, menjelaskan bahwa DXI 2019 merupakan transformasi dari event Deep and Extreme Indonesia yang sudah digelar sejak tahun 2007 di Jakarta. Tahun ini, gelaran yang diselenggarakan di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) pada 4-7 April 2019.

Menurut Dharmawan, kehadiran DXI sudah lama dinantikan masyarakat, khususnya para penyelam, pelaku kegiatan outdoor dan olah raga air. DXI 2019 merupakan pameran internasional, yang menampilkan berbagai variasi produk dan paket destinasi petualangan outdoor di laut maupun daratan.

Pengunjung memanfaatkan event ini untuk mendapatkan harga spesial berbagai peralatan selam, aktivitas alam, olah raga air, olah raga ekstrem, peralatan fotografi, gadget, aksesoris, dan pendukung aktifitas perjalanan wisata sampai kegiatan outdoor.

Selain mendukung pengembangan industri dan pasar pariwisata, even ini juga bertujuan memasyarakatkan olah-raga air khususnya selam dan olah raga ekstrem. Tujuan lain dari penyelenggaraan DXI 2019, mengkampanyekan dan mensosialisasikan upaya-upaya konservasi lingkungan khususnya laut dan kawasan wisata.

Menurut Made, tujuan penyelenggaaran DXI 2019 juga sejalan dengan sejumlah aktifitas kepedulian sosial (CSR) yang kerap diadakan oleh PLN, antara lain secara kontinu mengadakan kegiatan bersih-bersih sungai, yang akhirnya dapat menjadi kegiatan inisiasi para warga masyarakat setempat.

“Selain itu ada juga kegiatan bersih-bersih pantai, sambil melakukan kegiatan penanaman mangrove di sekitar pantai yang mengalami abrasi. Contohnya seperti yang kami lakukan di daerah Banten, Serang, dekat PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Lontar, juga dilakukan kegiatan CSR, berupa penanaman mangrove di sekitar pantai. Sekarang daerah tersebut sudah berkembang menjadi obyek pariwisata,“ tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here