MedcoEnergi memberikan bantuan minuman supplemen bagi para petugas medis dan aparat keamanan di Banda Aceh.

Jakarta, Petrominer – PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) berkomitmen untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang tidak ada ketidakpastian kapan akan berakhir. Bantuan tersebut tidak hanya dalam rupa materi namun juga dengan melibatkan masyarakat di sekitar wilayah operasi, terutama dalam penyediaan kelengkapan medis agar kesehatan masyarakat tetap terjaga dan ekonomi rakyat dapat terus bergerak.

Direktur Utama MedcoEnergi, Hilmi Panigoro, menyatakan bahwa pandemi ini telah berdampak pada asepek sosial dan ekonomi masyarakat. Karena itulah, MedcoEnergi terus menggalang bantuan dalam rangka membantu penanganan pandemi virus ini serta dampak sosial ekonominya.

“MedcoEnergi tidak hanya menggalang bantuan materi, namun juga terus memberdayakan masyarakat di wilayah operasi, diantaranya dengan pemesanan pembuatan masker kain, alat pelindung diri (APD) dan wastafel portable,” ujar Hilmi, Jum’at (1/5).

Dalam penggalangan dana tersebut, jelasnya, MedcoEnergi melibatkan seluruh anak usaha, seperti Medco E&P Indonesia dan Medco Power Indonesia, termasuk para pekerja dan Medco Foundation yang turut membantu mengumpulkan dana dan penyaluran. Hingga kini, dana yang telah terkumpul miliaran rupiah dan telah didistribusikan ke seluruh wilayah mulai dari Jakarta hingga Papua.

“Bantuan disalurkan ke masyarakat dalam berbagai bentuk, mulai dari mesin cuci infeksius, APD, masker medis, masker kain, hand sanitizer, tanki cuci tangan, disinfektan hingga wastafel portable,” ungkapnya.

Selain itu, MedcoEnergi juga terus menyalurkan bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak di wilayah operasi migas yang dikelola Medco E&P Indonesia.

MedcoEnergi memberikan wastafel portable untuk puskesmas di wilayah operasinya di Sumatera Selatan

Dalam upaya mendorong agar ekonomi masyarakat terus berjalan, di beberapa wilayah operasi, seperti di Sumatera Selatan dan Aceh, Medco E&P Indonesia bersinergi dengan masyarakat dalam pembuatan masker dan APD untuk donasi maupun untuk dipakai pekerja. Tidak hanya itu, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas ini juga bekerja sama dengan ibu-ibu binaannya untuk membuat masker kain, dan dengan mahasiswa Univesitas Syiah Kuala dalam penyediaan wastafel portable di tempat-tempat umum.

Bahkan Medco Foundation juga tidak melupakan nasib para tuna netra yang kesulitan mencari nafkah. Salah satunya adalah Ngadiyem, 53, penyandang tuna netra yang sehari-hari berprofesi sebagai penjual kerupuk di Kampung Utan, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten.

“Kami juga sangat terdampak. Penghasilan kami turun drastis,” ujar Ngadiyem, anggota Persatuan Tuna Netra Asri (Pertanas) yang mendapatkan bantuan sembako.

Meski begitu, dia bersyukur di tengah kesulitan hidup ada kalangan swasta yang turut peduli berbagi, diantaranya Medco Foundations.

Komitmen MedcoEnergi

Terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Hilmi juga menegaskan bahwa Perusahaan selalu menjadikan Kesehatan dan Keselamatan Pekerja serta keluarga sebagai prioritas utama.

“Dalam menghadapi pandemik Covid-19 ini, Korporat telah mengambil semua langkah yang diperlukan sesuai arahan Pemerintah untuk dapat terus menjaga Ketahanan Energi Nasional. Perusahaan juga melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, sesuai Pedoman Penanganan dari Pemerintah,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here