Pembangkit listrik PT Medco Power Indonesia.

Jakarta, Petrominer – PT Medco Power Indonesia (MPI) telah menandatangani dan menyelesaikan perjanjian penjualan 49 persen saham milik MPI di PT Medco Cahaya Geothermal (MCG) kepada PT Ormat Geothermal Power. Selebihnya 51 persen tetap dimiliki oleh MPI.

“Ini merupakan kemitraan strategis kelanjutan dengan Ormat setelah mengalami sukses dengan pengembangan PLTP Sarulla. Saya yakin kerjasama antara kedua perusahaan akan memberikan nilai bagi pemegang saham serta mendukung program Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan kelistrikan di sektor energi terbarukan,” ujar Direktur Utama MPI, Eka Satria, Rabu (3/7).

MCG memiliki Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (Power Purchase Agreement/PPA) dengan PT PLN (Persero) yang berlaku 30 tahun untuk mengembangkan dan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) di Blawan Ijen, Jawa Timur. PLTP ini diperkirakan bisa dibangun dengan kapasitas 110 megawatt (MW) sambil menunggu selesainya aktifitas eksplorasi dan penilaian. Beberapa pengeboran “slim holes” yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang sukses.

Menurut Eka, operasi secara komersial PLTP Ijen diharapkan bisa dimulai akhir tahun 2022.

Didirikan tahun 2004, Medco Power adalah produsen pembangkit listrik independen yang bernaung dalam kelompok usaha Medco Energi. Bergerak di sektor IPP dan O&M, Medco Power memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik dengan total kapasitas (gross) lebih dari 3.100 MW di 20 lokasi di Indonesia.

Selain Ijen, Medco Power sedang mengembangkan proyek PLTGU Riau dengan kapasitas 275 MW.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here