Jailolo, Petrominer – “Merdeka!” Kata itu lah yang terucap dari warga Desa Sasur, Kecamatan Sahu saat listrik mulai menerangi desa mereka. Kamis (15/8) lalu, PT PLN (Persero) secara resmi mulai mengalirkan listrik ke desa tersebut.

Desa Sasur merupakan salah satu dari empat desa di Kabupaten Halhamera Barat, Maluku Utara, yang resmi dilistriki oleh PLN menjelang Hari Kemerdekaan RI ke-74 ini. Tiga desa lainnya adalah Desa Sasur Pantai, Desa Goro-Goro di Kecamatan Sahu serta Desa Tabobol di Kecamatan Ibu Selatan.

“Tentu kami senang sekali. Kini semua warga dapat menikmati listrik. sebelumnya cuma warga yang punya genset yang bisa menikmati listrik. Akhirnya anak-anak juga nantinya dapat belajar dengan tenang karena sudah ada penerangan di malam hari,” ungkap Mathias (40), salah satu warga Desa Sasur.

Menurut Manager PLN Unit Pelakasana Pelayanan Pelanggan (UP3), Sofifi Yusrizal, ini merupakan salah satu kerja nyata dan pelayanan dari PLN untuk terus menghadirkan listrik bagi kehidupan masyarakat.

“Dengan dilistrikinya desa-desa tersebut, kini tersisa 15 desa yang akan segera kami listriki di Kabupaten Halmahera Barat. Secara total kini tersisa 58 desa dari total 692 desa yang akan segera kami listriki di Pulau Halmahera & Morotai,” jelas Yusrizal.

Keberhasilan dalam melistriki keempat desa tersebut tidak terlepas dari adanya sinergi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Barat, PLN serta masyarakat desa.

Sebelumnya, akses menuju Desa Sasur tidak bisa ditempuh dengan jalur darat yang kemudian dilakukan pembangunan akses jalan oleh Pemda Halmahera Barat. Dengan begitu, PLN dapat membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 25,75 kms. Selain itu, PLN juga membangun Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2,5 kms, 1 buah Trafo Distribusi kapasitas 100 kVA dan 3 buah Trafo Distribusi kapasitas 50 kVA.

Bupati Halmahera Barat Danny Missy mengucapkan apresiasi dan terimakasihnya kepada PLN yang telah berhasil melistriki keempat desa tersebut yang diharapkan dapat membantu mendorong peningkatan kegiatan usaha masyatakat serta kegiatan sehari-hari.

Pihak Pemda pun berencana membantu biaya pasang baru dan instalasinya untuk melistriki rumah warga. Bantuan ini diharapkan bisa mengurangi beban masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here