Proses input nomor token listrik gratis untuk para pengungsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Karo, Petrominer – PT PLN (Persero) memberikan bantuan token listrik gratis selama satu tahun untuk 286 hunian sementara (Huntara) pengungsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Bantuan senilai Rp 279 juta ini secara simbolis diserahkan di Kantor Bupati Karo, Senin (9/4).

Bantuan ini sebagai tindaklanjut dari arahan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan agar pengungsi Gunung Sinabung mendapatkan listrik secara gratis. Dalam lawatan ke Sumatera Utara, beberapa pekan lalu, Jonan mengunjungi pengungsi Sinabung di Huntara 3 di Kecamatan Simpang Empat yang dihuni sekitar 180 KK untuk memberikan bantuan air tanah dan penerangan jalan umum. Dalam kesempatan tersebut, dia mendengarkan keluhan warga tentang beratnya biaya hidup, salah satunya biaya listrik.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Hendra Iswahyudi yang hadir dalam acara pembagian token gratis tersebut, memberikan apresiasi atas kinerja yang dilakukan PLN. “Syukur Alhamdulilah, usulan Bapak Menteri langsung diimplementasikan oleh PLN,” ujar Hendra.

Dia mengungkapkan bahwa saat mengunjungi Huntara, Menteri ESDM mengusulkan dua hal. Yakni, agar masing-masing Huntara mendapat satu kWh-meter, dan selanjutnya listrik Huntara agar digratiskan.

Menurut Asni Boru Karo, warga penghuni salah satu Huntara Sinabung di Desa Kuta Tengah, sebelum adanya listrik gratis, pengeluaran mereka untuk listrik cukup besar.

Menyikapi hal tersebut, PLN Peduli (CSR PLN) dalam hal ini hadir untuk membangun perekonomian masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Sinabung dengan memberikan bantuan berupa token listrik gratis. Bantuan ini diharapkan dapat mendukung kegiatan ekonomi dan membantu pengungsi penghuni (Huntara) untuk memulai menata perekonomian keluarga kembali.

“Bantuan ini diharapkan bisa memperkecil kesenjangan antara penghasilan dan standar kebutuhan hidup yang layak pasca erupsi,” ujar Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali, usai menyerahkan bantuan token listrik gratis senilai total Rp 279.902.938.

Selain itu, PLN juga memberikan bantuan bibit tanaman untuk rehabilitasi lahan pertanian di Desa Tiganderket yang merupakan desa terdekat dengan lokasi bencana dan yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung.

“Bantuan bibit tanaman tomat dan cabai serta pupuk organik ini senilai Rp 220 juta,” paparnya.

Setelah acara penyerahan bantuan tersebut, rombongan menuju Huntara di Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo untuk melihat proses input nomor token listrik dan mengetahui kondisi para pengungsi di sana.

Penyerahan bantuan dari PLN Peduli kepada para pengungsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here