Direktur Perencanaan Korporat PLN, Syofvi Felienty (kiri) dengan Chair of Think Smart Grid (TSG) Perancis, Valerie (kanan).

Jakarta, Petrominer – PT PLN (Persero) menggandeng Think Smart Grid (TSG) France, untuk mengembangkan smart grid di sistem kelistrikan Sulawesi dan Smart Micro Grid di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Untuk merealisasikan proyek tersebut, PLN dan perusahaan asal Perancis tersebut menandatangai nota kesepahaman (MoU) di kantor PLN Pusat, Senin (18/3). Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh  Direktur Perencanaan Korporat PLN, Syofvi Felienty, dengan Chair of TSG France, Valerie.

Nota kesepahaman berjangka waktu dua tahun yang ditandatangi ini menandai keseriusan PLN dalam meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan.

“Pengembangan energi baru terbarukan terus kami lakukan guna memenuhi target 23 persen pada tahun 2025. Nah MoU ini salah satu langkah konkrit PLN dalam keberpihakan kepada EBT,” ujar Syofvi.

Studi ini akan di danai oleh Pemerintah Perancis, dan untuk sistem Sulawesi akan dibahas secara detail Renewable Energy Grid Integration.

TSG adalah organisasi non profit yang concern dalam pengembangan smart grid. Anggotanya adalah industri Ketenagalistrikan, akademisi, pemerintah dan perusahaan listrik yang ada di Eropa.

Tugas PLN dalam MoU ini adalah menyediakan data, lokasi studi, Tim Pendampingan dan Capacity Building dengan mengirimkan engineer untuk studi smart grid di Perancis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here