PLTP Lumut Balai (1x55 MW) di Muara Enim, Sumatera Selatan.

Jakarta, Petrominer – Kapasitas pembangkit listrik energi baru terbarukan (EBT) bertambah sebesar 376 megawatt (MW) sepanjang tahun 2019 lalu. Porsi panasbumi mencapai separo dari tambahan kapasitas tersebut. Dengan begitu, total kapasitas pembangkit EBT sampai akhir tahun lalu mencapai 10.843 MW.

“Kapasitas pembangkit EBT terus dioptimalkan. Ini sesuai amanat Kebijakan Energi Nasional yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 79 tahun 2014 yang menargetkan bauran EBT pada tahun 2025 sebesar 23 persen,” ujar Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), F.X Sutijastoto, Kamis (16/1).

Sutijastoto mengatakan capaian kapasitas pembangkit EBT terus mengalami kenaikan dalam lima tahun terakhir. Ini menunjukkan keseriusan Pemerintah dalam mengembangkan sumber daya energi setempat yang terbarukan.

“Kapasitas pembangkit EBT tahun lalu mulai mencapai angka 10 ribu MW,” tegasnya.

Menurut Sutijastoto, capaian pembangkit EBT tahun lalu mayoritas disokong oleh Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) sebesar 182,3 MW. Dengan rincian PLTP Lumut Balai 55 MW (Muara Enim, Sumatera Selatan), PLTP Sorik Marapi 42,3 MW (Mandailing Natal, Sumatera Utara), dan PLTP Muaralaboh 85 MW (Solok Selatan, Sumatera Barat).

Untuk tahun 2020, kapasitas pembangkit EBT ditargetkan bisa mencapai 10.843 MW. Selain panasbumi, Pemerintah mengandalkan air, bioenergi, surya, bayu (angin), dan hybrid dalam pemanfaatan EBT untuk pembangkit listrik.

Kapasitas pembangkit listrik EBT terus meningkat. (Kementerian ESDM)

Selain kapasitas pembangkit listrik EBT yang terus ditingkatkan, Kementerian ESDM juga terus mendorong penurunan emisi CO2 sebagai komitmen nasional dalam penurunan emisi sesuai UU No.16 Tahun 2016 tentang Pengesahan Paris Agreement to UNFCCC dan Perpres No.61/2011 tentang RAN-GRK. Di tahun 2019, penurunan emisi CO2 mencapai 54,8 juta ton CO2 dari target sebesar 48,8 Juta Ton CO2. Sebelumnya, penurunan emisi CO2 pada tahun 2018 mencapai 43,8 juta ton CO2.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here