Kapal tanker MT Gas Walio., kapal LPG fully refrigated.

Jakarta, Petrominer – Kapal tanker MT Gas Walio terus membuktikan kehandalannya dalam rantai distribusi logistik di kancah global. Kapal berusia 11 tahun milik PT Pertamina International Shipping (PIS) ini kembali mengangkut muatan amonia (NH3) untuk diantarkan ke benua Eropa.

Kali ini, menurut VP Sales and Marketing PIS Muhamad Resa, PIS menjalin kerja sama dengan Mitsui Group untuk mengantarkan muatan Amonia dari Bontang menuju Lisbon, Portugal. Ini merupakan sebuah kebanggaan bisa dipercaya oleh Mitsui selaku multinational company.

“PIS tentunya berkomitmen memberikan jasa terbaik untuk bisa terus dipercaya dalam distribusi logistik salah satu komoditas gas ini,” ujar Muhamad Resa, Sabtu (30/7).

Kontrak kerja sama PIS dengan Mitsui untuk mengantarkan amonia ditandatangani pada 5 Juli 2022, dengan periode selama 60 hari hingga 240 hari. Sebelumnya, kapal bermuatan 15.000 MT ini juga pernah mengangkut komoditas amonia untuk diantarkan ke beberapa wilayah di Asia, Timur Tengah, hingga Skandinavia.

Pengangkutan amonia ini merupakan bukti ekspansi kargo PIS untuk menggarap potensi bisnis-bisnis baru yang bisa mendorong perusahaan menjadi terkemuka di Asia. Ini juga sebagai bentuk dukungan berkelanjutan untuk program transisi energi yang dimiliki Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (KESDM), dengan terus mengedepankan kehandalan operasional dan memberikan pelayanan terbaik bagi customer.

“Ini merupakan langkah mewujudkan visi sebagai Asia’s Leading Shipping Company dengan membuktikan keandalan kapal untuk pengangkutan ke berbagai belahan dunia, dengan berbagai jenis muatan kargo,” ungkap Direktur Niaga PIS, Arief Sukmara.

PIS memastikan kapal MT Gas Walio menerapkan standar keselamatan yang tinggi dan memenuhi standar Ship Inspection Report Programme (SIRE), suatu inspeksi yang dilakukan untuk meninjau sistem kargo kapal, ruang mesin, peralatan navigasi, sistem pemadam kebakaran dan peralatan keselamatan yang dilakukan oleh tenaga ahli bersertifikat khusus yang dibuktikan dengan terbitnya dokumen SIRE Report atas MT Gas Walio pada website The Oil Companies International Marine Forum (OCIMF) pada 28 Maret 2022.

Hal ini membuktikan bahwa MT Gas Walio telah tersertifikasi secara kualitas terhadap standar dan requirement yang berlaku di industri pelayaran internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here