INSITU, sistem pelatihan keselamatan mobile terbaru dari Aquarius Global.

Jakarta, Petrominer – Aquarius Global meluncurkan sistem pelatihan keselamatan bergerak (mobile) baru untuk meningkatkan standar dan tolok ukur (benchmark) bagi pelatihan keselamatan lepas pantai (offshore) secara global. Sistem keselamatan yang diberi nama INSITU ini dikembangkan oleh induk usahanya, Mobile Offshore Safety Training (MOST).

“Sistem INSITU mendefinisikan kembali sistem pelatihan keselamatan lepas pantai menggunakan teknologi dan simulasi terbaru yang memadukan peralatan seni, teknik dan prosedur canggih, serta ditambah dengan instruksi pelatihan keselamatan kelas dunia,” ujar Chairman Aquarius Global, Rick Parish, dalam pernyataan tertulis yang diterima PETROMINER, Rabu (31/8).

Rick Parish menjelaskan, sistem pelatihan keselamatan terbaru ini akan mempersiapkan semua personel yang beroperasi di anjungan lepas pantai maupun rig pengeboran dengan berbagai pelatihan keselamatan darurat selama di lepas pantai maupun daratan. Fasilitas pelatihan ini juga memberikan pelatihan keselamatan yang berharga saat personel diangkut antara instalasi lepas pantai dan daratan, dengan mempersiapkan berbagai skenario darurat, mulai dari helikopter jatuh, mode bertahan hidup di laut, hingga penggunaan sekoci penyelamat.

Modul pelatihannya sangat bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien. Mulai dari fasilitas pelatihan dasar hingga pelatihan skala penuh yang lebih canggih. Pelatihan tersebut juga mencakup fasilitas ruang kelas khusus jika diperlukan dengan kombinasi skenario pelatihan apa pun yang disesuaikan dengan standar Offshore Petroleum Industry Training Organisation (OPITO).

Sarana dan prasana tempat pelatihan standar meliputi kolam air hangat sedalam 10 meter yang dilengkapi dengan sistem Helicopter Underwater Escape Training (HUET) dan simulator heli-winch. Modul pelatihan sekoci penyelamat Totally Enclosed Motor Propelled Survival Craft (TEMPSC) termasuk kolam terpisah di atas anjungan. Modul pemadaman api dan penyelamatan diri termasuk smokehouse. Fasilitas peralatan pendukung, serta pompa kolam renang, pemanas dan peralatan filtrasi.

Tersedia juga opsi tambahan, seperti modul penyelamatan Smokehouse dan Self-Contained Breathing Apparatus (SCBA), modul pemadam kebakaran tingkat lanjut, modul pelatihan dan penyelamatan ruang terbatas, modul tanggap darurat dek helikopter, modul pelatihan paramedis, serta modul bekerja di ketinggian.

Sistem modular INSITU ini mudah dirakit dan dibongkar sehingga bisa dibawa ke mana-mana bersama dengan tim pelatih spesialis. Sistem baru ini hadir dengan lebih dari 200 kursus pelatihan keselamatan yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan pelatihan lepas pantai terbesar di dunia.

“Fasilitas ini dapat dikirim dan beroperasi dalam waktu tiga bulan (tergantung persyaratan operasional) di mana saja di dunia. Tidak seperti pusat pelatihan keselamatan permanen, yang membutuhkan waktu rata-rata 24 bulan untuk dikembangkan dan dibangun. Sistem modular memungkinkannya diatur mulai dari sistem kecil tiga pod hingga opsi yang lebih canggih dengan 10 pod untuk melayani setiap skenario darurat di anjungan lepas pantai atau rig pengeboran,” jelas Rick Parish.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here