Menteri Koordinator Kebijakan dan Energi Swedia, Ibrahim Baylan. dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, usai menandatangani sebuah MoU di bidang energi di Kementerian ESDM, Jum’at (17/2). (Petrominer/Sony)

Jakarta, Petrominer — Pemerintah Indonesia dan Swedia menandatangani Memorium of Understanding (MoU) untuk memperkuat kerjasama bilateral kedua negara di bidang energi. Penandatangan kerjasama itu dilakukan di sela kunjungan Menteri Koordinator Kebijakan dan Energi Swedia, Ibrahim Baylan, ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jum’at (17/2).

MOU Indonesia-Swedia ini mencakup kerjasama pengembangan energi baru terbarukan (EBT); efisiensi dan konservasi energi; peningkatan kapasitas melalui kerjasama pendidikan dan pelatihan serta kerjasama dalam penelitian dan pengembangan.

“Kerjasama ini memberikan jalan yang lebih advance untuk pengembangan Energi Baru Terbarukan terutama hidro dan angin, sehingga tercapai target EBT sesuai dengan Kebijakan Energi Nasional (KEN),” papar Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Melalui penandatanganan MOU ini diharapkan investasi langsung dari Swedia di sektor energi bisa ditingkatkan. MOU juga ditargetkan mendorong kerja sama bisnis Indonesia – Swedia dalam bentuk proyek bersama, pembentukan Joint Venture Company, pembiayaan dan asuransi proyek sektor energi baru terbarukan.

Menteri Baylan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia selama tiga hari (15-17 Pebruari 2017). Hari Kamis, dia bertemu dengan Wakil Menteri ESDM, Amanda Tahar, dan membuka acara Forum Energi Indonesia Swedia 2017, yang mengusung tema “Solusi Energi untuk Negara Kepulauan.” Forum energi ini dihadiri oleh sekitar 20 BUMN, asosiasi dan perusahaan Indonesia di sektor energi dan 15 perusahan energi asal Swedia.

“Tujuan dari kebijakan energi adalah memastikan bahwa pasokan listrik untuk industri dan rumah tangga tersedia dengan harga kompetitif, dengan dampak yang paling kecil terhadap lingkungan. Ini adalah tujuan yang sama bagi Swedia dan Indonesia, dan saya percaya kedua Negara dapat bekerja sama untuk mencapainya,” ujar Menteri Baylan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here