(Ki-Ka): Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, Presiden Direktur VIAR Indonesia Ignatius Kartiman, Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Ketenagalistrikan Sripeni Inten Cahyani dalam acara serah terima kendaraan listrik buatan Jawa Tengah untuk mobilitas ramah lingkungan Indonesia di Semarang, Jum’at (22/10).

Semarang, Petrominer – Grab bekerja sama dengan produsen kendaraan listrik lokal VIAR melakukan serah terima dan pemesanan lebih dari 6.000 sepeda motor listrik di Kota Semarang. Seluruh kendaraan listrik tersebut nantinya akan digunakan oleh mitra pengemudi GrabBike dan mitra pengantaran Grab di seluruh Indonesia.

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, menjelaskan bahwa pengadaan sepeda motor listrik ini merupakan bagian dari inisiatif pelestarian lingkungan hidup #LangKahHijau dari Grab Indonesia yang bertujuan mengurangi emisi karbon. Langkah ini juga sejalan dengan target Pemerintah untuk menghadirkan 2 juta unit EV (Electric Vehicle) pada tahun 2025.

“Kami sangat bangga hari ini dapat memperluas inisiatif #LangkahHijau serta turut membantu Pemerintah untuk menggalakkan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dengan berkolaborasi bersama VIAR,” ujar Neneng dalam acara serah terima kendaraan listrik buatan Jawa Tengah untuk mobilitas ramah lingkungan Indonesia di Semarang, Jawa Tengah, Jum’at (22/10).

Sejalan dengan pengembangan ekosistem kendaraan listrik, menurutnya, langkah ini diyakini akan mengurangi jejak karbon yang bisa berdampak luas bagi lingkungan serta dapat menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat lokal. Semangat kolaborasi ini bakal dilanjutkan dengan menyiapkan 6.020 kendaraan listrik yang akan siap didistribusikan hingga akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

“Total armada kami akan menjadi lebih dari 12.000 akhir tahun ini dan terbesar di Indonesia,” ungkap Neneng.

Grab terus memperluas kerjasama dengan VIAR untuk meluncurkan motor listrik bagi mitra pengemudi GrabBike dan mitra pengantaran Grab di Indonesia. Kolaborasi ini dapat membantu Pemerintah dalam mencapai target jumlah KBLBB roda dua sebanyak 13 juta unit pada tahun 2030.

Khusus di Jawa Tengah, pada April 2021 lalu, Grab telah meluncurkan skuter listrik yang dapat digunakan oleh masyarakat, sepeda listrik yang digunakan oleh mitra pengantaran GrabFood, serta motor listrik yang digunakan oleh mitra pengemudi GrabBike di Surakarta. Selain itu, Grab juga bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Surakarta dalam pemanfaatan jalur City Walk untuk lajur alat mobilitas pribadi skuter listrik GrabWheels dan membangun Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) bersama dengan PT PLN (Persero) Surakarta.

VIAR juga telah melakukan investasi kepada unit bisnis GrabWheels sebagai bagian dari dukungan terhadap ekosistem kendaraan berbasis listrik di Indonesia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here