Nusa Dua, Bali, Petrominer – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignatius Jonan, membuka Indonesia Human Resources Summit (IHRS) di Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Rabu (18/9). Event tahunan dari para pelaku sumber daya manusia (SDM) di perusahaan ini akan berlangsung sampai Kamis (19/9).

Tahun ini, konferensi bergengsi mengenai SDM ini mengusung tema ‘HR Transformation to Win Employee Experience’ yang terinspirasi dari buku Jacob Morgan. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama MIND ID, ConocoPhillips (Grissik) Ltd., PetroChina International Jabung Ltd. dan PETRONAS Carigali Indonesia menjadi penyelenggara IHRS kali ini.

“Employee experience adalah pengalaman yang didapatkan karyawan pada saat bekerja di suatu perusahaan atau organisasi. Ada tiga aspek yang membentuk employee experience itu sendiri yaitu culture atau budaya, physical space atau ruang kerja, dan technology,” ujar Chairwomen IHRS 2019, Evita Najoan, dalam sambutan pembukanya.

Menurut Evita, pendekatan employee experience berarti memberikan perhatian kepada hal-hal yang berarti di keseharian pekerja sehingga mempengaruhi kesetiaan pegawai, kepuasan kerja pegawai, dan kinerja perusahaan yang lebih baik. Dia juga menegaskan bahwa pejabat publik juga sudah harus memikirkan bagaimana merancang pengalaman (experience) masyarakat di level pemerintahan.

Beberapa pembicara dalam acara ini antara lain Founder Ancora Group Gita Wirjawan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Chairman Netmediatama Televisi dan Direktur Kreatif OCC Asian Games 2018 Wishnutama, Jacob Morgan dan masih banyak lagi. IHRS 2019 membagi pengalaman yang lebih luas dari para praktisi HR yang berbicara dalam acara ini. Partisipan yang hadir lebih dari 800 peserta dari level CEO hingga HR Manager dari berbagai bidang perusahaan.

Hal baru yang ditampilkan di IHRS 2019 adalah “Experience Zone“, di mana peserta merasakan pengalaman menarik dan berbeda dengan berada di dalam berbagai zona kreatif yang mengintegrasikan budaya, teknologi, dan ruang kerja inovatif sehingga menginspirasi para peserta dalam membangun employee experience yang lebih baik.

IHRS 2019 diharapkan bisa membantu para praktisi HRD agar dapat membentuk sistem dalam perusahaan/institusi untuk membangun para sumber daya manusia baru yang notabennya adalah generasi milenial menjadi tenaga kerja yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi.

“Senada dengan ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke 74 yang bertemakan SDM Unggul, Indonesia Maju, sudah saatnya sumber daya manusia (SDM) di Indonesia dapat bersaing dengan Masyarakat Ekonomik ASEAN (MEA). Maka dari itu, mempersiapkan SDM Indonesia secara matang menjadi keharusan agar dapat memajukan bangsa Indonesia ke depannya?” tegas Evita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here