Mataram, Petrominer — Sebanyak 450 kepala keluarga di Gili Gede, Sekotong, Lombok Barat, segera bisa menikmati listrik dari PT PLN (Persero). Jaringan kabel listrik bawah laut 20 kilo Volt (kV) sedang dipasang untuk menyalurkan listrik dari Lombok ke Gili Gede.

Pemasangan kabel listrik bawah laut sepanjang 2,4 kilo meter sirkit (kms) ke pulau Gili Gede itu ditargetkan selesai bulan Desember 2017 mendatang.

“Nantinya jaringan listrik di Gili Gede akan terinterkoneksi dengan Sistem Kelistrikan Lombok. Investasinya memang tidak kecil, 23 milyar rupiah, tetapi ini kebutuhan, masyarakat harus kita listriki, rasio elektrifikasi harus terus ditingkatkan,” ujar Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara, Machnizon Masri, Selasa (21/3).

Menurut catatan PLN, hingga akhir tahun 2016, rasio elektrifikasi di NTB mencapai 77,68 persen dari target 75,9 persen. Hingga 2019, PLN menargetkan rasio elektrifikasi NTB mencapai 88,5 persen. Meskipun demikian, PLN mengupayakan rasio elektrifikasi telah mencapai 95 persen pada 2019.

Dukung Pariwisata

Gili Gede yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan dan budidaya ikan, juga manjadi bagian dari tujuan wisata di NTB. Beberapa penduduk yang memiliki homestay bagi wisatawan luar negeri, menggunakan genset untuk memenuhi kebutuhan listriknya.

Selain untuk melistriki penduduk Gili Gede, dengan adanya kabel bawah laut ini membuat listrik di Gili Gede sangat andal, cukup untuk melistriki bisnis pariwisata di sana sehingga investor dinilai tidak perlu khawatir dengan masalah listrik di Gili tersebut.

“Potensi wisata Gili Gede ini bagus, PLN akan mendukung ketersediaan listrik di sana agar pariwisata di sana semakin maju,” tegas Machnizon.

Kerja nyata PLN ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BKPM-PT) Provinsi NTB, H. Lalu Gita Aryadi menyatakan dukungannya kepada PLN untuk membangun kabel bawah laut di Gili Gede. Pembangunan kabel laut ini, dinilai, akan meningkatkan pariwisata dan kesejahteraan masyarakat NTB.

“Listrik ini penting untuk percepatan realisasi investasi, sehingga ekonomi masyarakat sekitar bisa meningkat juga, angka kemiskinan berkurang,” kata Lalu Gita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here