Jakarta, Petrominer — Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit menggandeng Sucofindo untuk melakukan verifikasi teknis ekspor Crude Palm Oil (CPO), dan produk turunannya. Verifikasi ini dilakukan untuk memastikan jenis, jumlah barang dan jumlah pungutan dana perkerbunan kepala sawit telah sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Kerjasama tersebut dituangkan dalam sebuah Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandangani Direktur Utama BPDP Sawit, Bayu Krisnamukti, dan Direktur PT. Sucofindo Bachder Djohanbuddin, Kamis (19/1). Penandanganan MoU tersebut disaksikan oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Marwanto Harjowiryono.

Menurut Bayu Krisnamukti, pihaknya bersama Sucofindo senantiasa berupaya memastikan ekspor kelapa sawit, CPO dan produk turunannya terlaksana sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan begitu, tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai dan memberi manfaat sebesar besarnya kepada semua pihak, serta memberikan kontribusi yang positif bagi peningkatan ekspor yang bernilai tambah tinggi.

Penunjukan Sucofindo untuk melakukan verifikasi untuk memastikan jenis, jumlah barang dan jumlah pungutan dana perkerbunan kepala sawit telah sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan nomor: 54/M-DAG/PER/7/2015 tentang Verifikasi atau Penelusuran Teknis Terhadap Ekspor Kelapa Sawit, Crude Palm Oil (CPO), dan produk turunannya. Sucofindo juga akan melakukan verifikasi guna memastikan jumlah pungutan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor: 133/PMK.05/2015 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit Pada Kementerian Keuangan.

Dalam kegiatan Verifikasi/Penelusuran Teknis Ekspor CPO, dan produk turunannya, pihak BPDP Sawit bekerjasama dengan SUCOFINDO, Bank Mandiri, BRI dan BNI yang didukung oleh Aplikasi Layanan Elektronik Pembayaran Pungutan Dana Sawit untuk menjamin akuntabilitas, kemudahan dan kepastian dalam pengelolaan pungutan dan kegiatan verifikasi.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here