Penyerahan unit motor operasional angkutan sampah secara simbolis dilakukan oleh Direktur Pengembangan Usaha PT Elnusa Tbk, Ratih Esti Prihatini.

Minahasa Selatan, Petrominer – PT Elnusa Petrofin, anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA), meluncurkan program ASIAP, yang merupakan akronim dari Armada Transportasi Sampah Desa Sapa Raya. Ini sebagai salah satu upaya dalam mengatasi masalah lingkungan, khususnya sampah laut.

Peluncuran program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Petrofin Peduli ini dilaksanakan di unit operasi Elnusa Petrofin Depot LPG Amurang, Minahasa Selatan, Jum’at (10/6). Dihadiri dan diresmikan secara langsung oleh Direktur Operasional & Marketing Elnusa Petrofin, Nur Kholis.

Nur Kholis menjelaskan, progam ASIAP adalah salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan Elnusa Petrofin yang memberikan solusi tepat guna kepada masyarakat dalam mengatasi sampah di laut. Pelaksanaan program ini berbasis partisipasi masyarakat yang dikembangkan bagi desa di wilayah ring 1 unit operasi Depot LPG Amurang.

“Dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung, sehingga dapat mendukung upaya pemerintah dalam upaya mencegah terjadinya pencemaran sampah kembali di lingkungan,” ungkapnya.

Puncak peluncuran ASIAP ditandai dengan penyerahan satu unit motor operasional berkapasitas 300 L untuk pengangkutan sampah. Dilanjutkan pemasangan baju seragam kepada Kelompok Penggerak Sampah Desa Sapa Raya yang telah dibentuk sebelumnya. Seluruh kegiatan ini berdasarkan hasil dari pemetaan sosial yang dilakukan tahun 2021.

Program ASIAP berdampak terhadap 2.907 Orang yang merupakan penduduk di tiga desa ring 1 Depot LPG Amurang. ASIAP diproyeksikan dapat mengurangi sampah laut hingga 7,2 ton per bulan. Tentunya, kegiatan ini juga melibatkan partisipasi masyarakat melalui pembentukan kepada Kelompok Penggerak Sampah Desa Sapa Raya.

Ke depannya, masyarakat yang termasuk dalam Kelompok Penggerak Sampah Desa Sapa Raya akan mendapatkan pelatihan lebih lanjut khususnya pemilahan sampah skala desa dan pembentukan bank sampah. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi perilaku dari masyarakat yang masih melakukan pembuangan sampah menggunakan perahu ke tengah laut.

Direktur Operasional & Marketing Elnusa Petrofin, Nur Kholis., saat meresmikan Program ASIAP untuk ikut mengatasi masalah lingkungan, khususnya sampah laut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here