Jakarta, Petrominer — Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memberi penghargaan terhadap 14 kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) atas kinerjanya dalam melakukan kegiatan eksplorasi sepanjang tahun 2015. Ke-14 KKKS itu mendapat apresiasi khusus atas komitmennya yang tetap melaksanakan kegiatan eksplorasi meski harga minyak sedang rendah.

“Ini untuk mengapresiasi mereka yang sudah melaksanakan komitmennya. Bayangkan, dengan harga minyak dunia sekarang, bahkan pernah touching di bawah US$ 30 per barel tapi mereka tetap komit melaksanakannya,” kata Wakil Kepala SKK Migas, Zikrullah, usai menyerahkan penghargaan tersebut, Kamis (19/5).

Dari ke-14 KKKS itu, penghargaan yang diberikan dalam beberapa kategori, yakni Emas, Hijau, Biru dan dua kategori khusus lainnya. Kali ini, tidak ada KKKS yang mendapatkan emas.

“Emas memang susah dicari, tapi berkat kita semua emas bisa diwujudkan. kita berusaha untuk mencapai emas itu,” ujar Zikrullah.

Dia menyebutkan, ada tiga KKKS yang masuk kategori hijau. Mereka dinilai telah memenuhi aspek technical discovery.‎ Kategori ini juga disebut sebagai kategori advance, ini didasarkan pada pencapaian KKKS yang telah melampaui zonasi biru dan memiliki technical discovery.

Untuk kategori biru, ada tujuh KKKS. Kategori ini mencerminkan bahwa kontraktor telah melaksanakan seluruh komitmen pasti, komitmen finansial dan komitmen-komitmen lainnya.

Sementara empat KKKS lainnya masuk dalam dua kategori khusus.

Berikut hasil penilaian kinerja terhadap KKKS eksplorasi:

Kategori Hijau:
1. PHE Randugunting
2. PT Pandawa Prima Lestari
3. Ranhil Jambi Inc. Pte Ltd

Kategori Biru:
1. M3nergy Gamma SDN BHD
2. CUE Kalimantan Pte Ltd
3. PT Mentari Pambuang Internasional
4. Bukit Energy Bohorok Pte Ltd
5. ENI East Sepinggan Limited
6. Krisenergy (Udan Emas) B.V.
7. Krisenergy (Tanjung Aru) B.V.

Kategori Upaya Eksplorasi Menuju Komersialisasi:
1. PT Hexindo Gemilang Raya
2. PT Tropik Energi Pandan

Kategori Keberlanjutan Eksplorasi Periode 2013-2016‎:
1. Santos (Madura Offshore) PTY Ltd
2. Saka Energy (Indonesia-Pangkah) Ltd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here