Peresmian SPKLU di Rest Area Tol Bakauheni–Terbanggi Km 20 B, Lampung Selatan, Selasa (26/1).

Lampung, Petrominer – PLN sangat serius dalam membangun ekosistem untuk mendukung program percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Hal ini ditandai dengan peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Rest Area Tol Bakauheni–Terbanggi Km 20 B, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (26/1).

Acara peresmian dihadiri secara virtual oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dan Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan PLN, Wiluyo Kusdwiharto.

“Adanya SPKLU PLN ini merupakan satu langkah bagus kita untuk mendorong penggunaan mobil listrik sehingga membuat negeri ini lebih efisien lagi,” tutur Luhut.

Menurutnya, penggunaan mobil listrik akan terus berkembang sehingga fasilitasnya perlu PLN siapkan.

Seperti diketahui, Pemerintah melalui Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan telah memberikan arahan dan dukungan kepada PLN sebagai penyedia listrik. Guna mewujudkan komitmen tersebut, PLN telah menghadirkan 30 SPKLU yang tersebar pada titik-titik strategis perkotaan di Indonesia.

“SPKLU di Rest Area Tol Bakauheni Terbanggi Km 20B merupakan SPKLU pertama di Lampung. Rencana selanjutnya dalam waktu dekat akan ditambah tiga titik lagi di Sepanjang Tol Trans Sumatera Rest Area km 49A, 115B dan 235A,” ungkap Wiluyo.

Dia menegaskan, kendaraan listrik menjadi solusi yang baik, tidak hanya baik dari sisi ekonomi namun juga tentunya lingkungan hidup karena mengurangi polusi udara dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang terus menipis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here