Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, secara simbolis melakukan penyalaan listrik dalam program sambungan listrik gratis di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Kamis (7/2).

Jepara, Petrominer – PT PLN (Persero) mulai merealisasikan program penyambungan listrik gratis di Jawa Tengah. Ditandai dengan pemasangan sambungan listrik bagi 1.000 warga tidak mampu di Kabupaten Jepara.

Penyalaan listrik di salah satu rumah secara simbolis dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Kamis (7/2). Didampingi Executive Vice President Regional Jawa Bagian Tengah PLN, Purnomo Jaya.

Melalui program CSR PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, penyambungan listrik ini dimulai sejak bulan Nopember 2018 hingga kuartal I tahun 2019 dengan daya 900 VA. Sasarannya adalah masyarakat tidak mampu di 20 desa di Kabupaten Jepara.

Hingga saat ini, menurut Purnomo, telah tersambung 528 rumah tangga miskin di 10 desa. Yaitu Desa Tubanan, Kaliaman, Kancilan di Kecamatan Kembang. Juga desa Bondo, Wedelan, Banjaragung, Srikandang, Papasan di Kecamatan Bangsri. Selanjutnya desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji dan desa Blingoh, Kecamatan Donorojo.

Semenetara 10 desa lainnya yang akan disambung adalah Desa Jinggotan, Kecamatan Kembang, Desa Somosari dan Batealit di Kecamatan Batealit. Selain itu juga ada desa Pancur, Bungu, Bandung dan Pule di Kecamatan Mayong. Juga desa Bategede kecamatan Nalumsari, Menawan kecamatan Gebog, dan Banyuputih di kecamatan Kalinyamatan.

Data penerima sambungan listrik baru tersebut diperoleh dari Basic Data Terpadu (BDT) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 2016. Dari data itu, dilakukan survey ulang oleh PLN dan Pemkab Jepara ke rumah warga sehingga bisa dipastikan bantuan tersebut tepat sasaran.

Dengan kegiatan pemasangan listrik gratis ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menambah rasio elektrifikasi khususnya di Jawa Tengah.

Hal itu diakui oleh Kasnoto, salah satu warga penerima manfaat di Desa Bondo. Bapak tiga anak ini mengatakan bahwa dirinya kini bisa bekerja lebih lama dan anak-anaknya bisa belajar di malam hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here