Jakarta, Petrominer – Ronald Gunawan dari PT Medco E&P Indonesia resmi terpilih sebagai Presiden Indonesia Petroleum Association (IPA) 2018. Ronald dipilih menggantikan Presiden IPA sebelumnya, Christina Verchere dari BP Indonesia.

Pengumuman Presiden IPA yang baru ini dilakukan dalam Annual General Meeting IPA ke-46, yang digelar di Jakarta, Rabu (6/12). Dalam kesempatan yang sama, diumumkan pula 12 anggota dewan direksi baru.

“Dewan direksi IPA 2018 akan bertugas per 6 Desember 2017. Tugas mereka adalah mendorong kemajuan pengembangan industri hulu migas di Indonesia bersama para pemangku kepentingan lainnya,” ucap Ronald Gunawan.

Mengenai perkembangan industri hulu migas Indonesia, dia menyebutkan telah terjadi perubahan yang signifikan sejak terbitnya Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No.8/2017 dan Permen ESDM No. 52/2017 tentang Kontrak Bagi Hasil Gross Split.

“Hal signifikan yang berubah di antaranya adalah besaran progresif dan variabel split, serya dibukanya batasan insentif yang dapat diberikan Menteri ESDM untuk menjaga tingkat keekonomian suatu wilayah kerja,” papar Ronald.

Dia juga menegaskan ada dua kegiatan yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan energi di masa mendatang, yakni eksplorasi dan EOR (enhance oil recovery). Oleh karena itu, IPA berharap Pemerintah dapat membuat peraturan yang mampu menarik investasi hulu migas masuk ke dalam negeri.

“Kami siap menjadi mitra kerja pilihan Pemerintah,” tegas Ronald.

Dalam pertemuan tahunan kali ini, ditunjuk juga Dewan Pengawas, yang kembali dijabat oleh Evita Herawati Legowo. Berikut susunan Dewan Direksi IPA Periode 2018:

  • Presiden: Ronald Gunawan (Medco E&P Indonesia)
  • Wakil Presiden: Dan L. Wieczynzki (ExxonMobil Cepu Ltd.) dan Bijan Agarwal (ConocoPhillips Indonesia)
  • Sekretaris: Tumbur Parlindungan (Saka Indonesia)
  • Bendahara: Christina Verchere (BP Indonesia)
  • Direktur: Tenny Wibowo (Santos), Nico Muhyiddin (Inpex), Fabrizio Trilli (Eni), Arividya Noviyanto (Total E&P Indonesie), Gunung Sardjono Hadi (Pertamina), Charles A. Taylor (Chevron), Kevin S. Moore (Husky), Moh. Zaini MD Noor (Petronas Carigali).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here