Penyerahan bantuan sambung listrik gratis secara simbolis diberikan oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Ikhsan Asaad.

Jakarta, Petrominer – Bantuan sambung listrik gratis untuk warga kurang mampu ternyata juga menyasar warga di DKI Jakarta. Tercatat ada 300 warga Jakarta yang mendapat bantuan elektrifikasi ini dari PT PLN (Persero).

Penyerahan bantuan secara simbolis diberikan oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Ikhsan Asaad. Penyerahan tersebut dilakukan di sela-sela kegiatan bertajuk “Bersih-Bersih Kampung Sehat” di Kelurahan Balekambang Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (1/4).

Salah satu warga di Balekambang yang mendapat bantuan tersebut adalah Asmane. Sungguh unik memang, di tengah gemerlap dan riuhnya malam yang menjadi suasana khas di Jakarta, wanita ini hidup dalam kondisi remang-remang. Dalam beberapa tahun terakhir, Asmane (55 tahun) tinggal di rumahnya di sudut bantaran sungai Ciliwung dengan penerangan yang kurang memadai.

“Ada satu lampu. Tapi hanya di dapur. Itu pun menyalur dari rumah anak,” kata Asmane yang tinggal bersebelahan dengan anaknya.

Suaminya sudah lama meninggal, kini dia tinggal berdekatan bersama anak cucunya. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Asmane menjual aneka jajanan kue dan camilan. Terkadang dia bekerja di rumah tetangga untuk memasak atau mencuci. Himpitan ekonomi membatasinya untuk mendapatkan listrik yang aman.

Kini Asmane sangat bersyukur karena mendapatkan bantuan sambung listrik gratis dari PLN. Memang tak banyak yang dapat dilistriki di rumahnya. Banjir yang sering terjadi di bantaran Sungai Ciliwung telah menghabisi barang-barang elektronik Asmane. Namun, listrik membantunya beraktivitas di malam hari, terutama mempersiapkan dagangannya.

“Sekarang tinggal punya tv dan lampu saja. Tapi dengan listrik, saya bisa dagang lagi. Saya bisa bangun malam untuk membuat kue dan siangnya tinggal keliling jualan. Nanti puasa, mau sahur juga sudah enak, sudah terang bisa masak malam hari,” tuturnya dengan semangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here