Jakarta, Petrominer – Kini, warga Distrik Kaereh, Papua, sudah bisa menikmati terangnya listrik sepanjang hari. Pasalnya, PT PLN (Persero) telah menyalakan listrik di daerah tersebut selama 24 jam. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan aktivitas dan mendukung geliat ekonomi masyarakat setempat.

Kaureh merupakan salah satu Distrik yang berada di Kabupaten Jayapura. Perjalanan menuju distrik tersebut tidaklah mudah, karena harus ditempuh selama 5 jam melalui jalur darat dari PLN ULP Genyem.

Distrik Kaureh terdiri dari empat kampung, yakni Lapua, Soskotek, Sebum dan Sisik. Total pelanggan saat ini mencapai 266 kepala keluarga (KK). Distrik ini diprediksi memiliki potensi penambahan menjadi 350 pelanggan hingga akhir tahun 2020 nanti.

Sebelumnya, Distrik Kaereh menerapkan sistem isolated karena lokasinya yang terpencil. PLN memasok listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Lereh berkapasitas 40 kW.

Untuk meningkatkan layanan listrik dari 12 jam ke 24 jam, kini PLN menghubungkan kelistrikan di Distrik Kaureh dengan sistem kelistrikan Jayapura yang dipasok dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Orya Genyem dengan membangun JTM sepanjang 8,05 kms.

“Ini adalah bentuk layanan optimal kami kepada pelanggan. Rasa senang bukan hanya dirasakan oleh masyarakat di Distrik Kaureh, tetapi rekan-rekan PLN yang sudah bekerja keras pun merasakan kebahagiaan melihat Distrik Kaureh dapat terlistriki 24 jam,” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, J. A. Ari Dartomo, Sabtu (13/6).

PLN berharap dengan meningkatnya jam nyala listrik di Distrik Kaureh bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Kampung Lapua, Okto Lambe, menyampaikan terima kasih kepada PLN karena telah meningkatkan layanan listrik dari 12 jam ke 24 jam.

“Ini merupakan harapan kami yang cukup lama, akhirnya kami dapat menikmati listrik siang dan malam,” tutup Okto Lambe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here