Indonesian Petroleum Association, Arcandra Tahar, IPA ke-41, @Fachry Latief
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar. (Petrominer/ Fachry Latief)

Jakarta, Petrominer — Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, menyatakan Pemerintah telah mengakomodir hampir semua usulan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas kebijakan terbaru mengenai cost recovery.

Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2010 tentang Biaya Operasi Yang Dapat Dikembalikan (cost recovery) dan Perlakuan Pajak Penghasilan di Bidang Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi itu telah ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 15 Juni 2017 lalu.

“Memang, apa yang direvisi itu tidak 100% yang diharapkan. Tapi sebagian besar sudah kita akomodir. Alhamdulillah, saya rasa ini sebuah lompatan besar bahwa akhirnya (revisi) PP 79 bisa kita keluarkan dengan harapan, ke depannya, apa yang diharapkan KKKS maupun IPA,” ujar Wamen di sela acara Halal Bihalal Sektor ESDM, Rabu (5/7).

Menurut Arcandra, PP Nomor 27 tahun 2017 ini cukup ‘clear’ menjelaskan hal-hal yang sebelumnya menjadi keluhan KKKS terkait PP Nomor 79 Tahun 2010. Dalam aturan baru ini juga diatur mengenai aturan peralihan.

Dia menegaskan, Pemerintah sekarang berharap bisa mendengar apa kesulitan mereka untuk melakukan kegiatan eksplorasi maupun eksploitasi.

Dalam PP Nomor 27 ini, seperti dimuat dalam laman setkab.go.id, Pemerintah menegaskan bahwa Kontraktor wajib membawa modal dan teknologi serta menanggung risiko dalam rangka pelaksanaan Operasi Perminyakan berdasarkan Kontrak Kerja Sama pada suatu Wilayah Kerja.

Selain itu, seluruh barang dan peralatan yang dibeli oleh Kontraktor dalam rangka Operasi Perminyakan menjadi barang milik negara yang pembinaannya dilakukan oleh Pemerintah dan dikelola oleh SKK Migas.

Untuk meningkatkan produksi, mendukung pertumbuhan ekonomi dan menjamin adanya penerimaan negara, menurut PP ini, Menteri menetapkan besaran dan pembagian FTP. Sedangkan untuk mendorong pengembangan Wilayah Kerja, Menteri dapat menetapkan bentuk dan besaran Insentif Kegiatan Usaha Hulu.

Dalam rangka membantu keekonomian Kegiatan Usaha Hulu, Menteri Keuangan memberikan insentif perpajakan dan insentif penerimaan negara bukan pajak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

PP ini juga menegaskan, bahwa Menteri dapat menetapkan besaran bagi hasil yang dinamis (sliding scale split) pada Kontrak Kerja Sama.

Biaya operasi yang dapat dikembalikan dalam penghitungan bagi hasil dan Pajak Penghasilan harus memenuhi persyaratan:

  1. Dikeluarkan untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan terkait langsung dengan kegiatan Operasi Perminyakan di Wilayah Kerja Kontraktor yang bersangkutan di Indonesia;
  2. Menggunakan harga wajar yang tidak dipengaruhi hubungan istimewa;
  3. Pelaksanaan Operasi perminyakan sesuai dengan kaidah praktek bisnis dan keteknikan yang baik; d. kegiatan Operasi Perminyakan sesuai dengan Rencana Kerja dan Anggaran yang telah mendapatkan persetujuan Kepala SKK Migas.

PP ini juga mengatur mengenai jenis biaya operasi yang tidak dapat dikembalikan dalam penghitungan bagi hasil dan Pajak Penghasilan, yang di antaranya meliputi:

  1. Biaya yang dibebankan atau dikeluarkan untuk kepentingan pribadi dan/atau keluarga dari pekerja, pengurus, pemegang Participating Interest, dan pemegang saham;
  2. Pembentukan atau pemupukan dana cadangan, kecuali biaya penutupan dan pemulihan tambang yang disimpan pada rekening bersama SKK Migas dan Kontraktor dalam rekening bank umum Pemerintah Indonesia yang berada di Indonesia; dan
  3. Harta yang dihibahkan.

Adapun fasilitas perpajakan yang diberikan kepada Kontraktor pada tahap Eksplorasi dalam rangka Operasi Perminyakan, di antaranya terdiri atas:

  1. Pembebasan pungutan Bea Masuk atas impor barang yang digunakan dalam rangka Operasi perminyakan;
  2. Pajak Pertambahan Nilai atau pajak pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah yang terutang tidak dipungut atas:
  • a. perolehan Barang Kena Pajak tertentu dan/atau Jasa Kena Pajak tertentu;
  • b. impor Barang Kena Pajak tertentu;
  • c. pemanfaatan Barang Kena pajak Tidak Berwujud tertentu dari luar Daerah pabean di dalam Daerah Pabean; dan/ atau
  • d. pemanfaatan Jasa Kena Pajak tertentu dari Iuar Daerah Pabean di dalam Daerah pabean yang digunakan dalam rangka Operasi Perminyakan.

Pada tahap Eksploitasi, termasuk kegiatan pengolahan lapangan, pengangkutan, penyimpanan dan penjualan hasil produksi sendiri sebagai kelanjutan dari Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi dalam rangka Operasi Perminyakan, Kontraktor dapat diberikan fasilitas:

  1. Pembebasan .pungutan Bea Masuk atas impor barang yang digunakan dalam rangka Operasi Perminyakan;
  2. Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah yang terutang tidak dipungut atas:
  • a. perolehan Barang Kena Pajak tertentu dan/atau Jasa Kena Pajak tertentu;
  • b. impor Barang Kena Pajak tertentu;
  • d. pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud tertentu dari luar Daerah pabean di dalam Daerah Pabean; dan/atau
  • e. pemanfaatan Jasa Kena Pajak tertentu dari luar Daerah Pabean di dalam Daerah Pabean; yang digunakan dalam rangka Operasi Perminyakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here