Salah satu layanan BBM Pertashop di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Surabaya, Petrominer – PT Pertamina (Persero) terus memperluas pelayanan bahan bakar minyak (BBM) dan LPG melalui pengadaan Pertashop di desa-desa wilayah Indonesia. Ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama dengan Pemerintah Desa yang difasilitasi melalui Nota Kesepahaman antara Pertamina dengan Kementerian Dalam Negeri.

Jika selama ini pertumbuhan layanan BBM desa tersebut lebih banyak di Jawa Barat, ternyata Pertamina juga telah merambah wilayah Jawa Timur dan Bali. Sampai 22 Mei 2020 lalu, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V telah mengoperasikan tujuh titik Pertashop baru.

Unit Manager Communication & CSR MOR V, Rustam Aji, menjelaskan ketujuh Pertashop tersebut berada di Desa Sidoharjo di Kabupaten Gresik, Desa Kemiri (Kabupaten Jember), Desa Kraton (Kabupaten Lumajang), Desa Pagak dan Desa Kalisongo (Kabupaten Malang), Desa Pacet (Kabupaten Mojokerto), dan Desa Duda (Kabupaten Karangasem, Bali).

“Secara keseluruhan, sudah ada sembilan titik Pertashop yang beroperasi karena sebelumnya MOR V sudah meresmikan dua titik Pertashop di Desa Mengwi dan Desa Bangli, Bali,” ujar Rustam, Rabu (3/6).

Menurutnya, kehadiran Pertashop dan kerja sama ini sejalan dengan program OVOO, yaitu One Village One Outlet. Program ini digulirkan sebagai upaya untuk menghadirkan keadilan energi di seluruh pelosok negeri.

“Pertamina terus membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk dapat melayani masyarakat dengan memperluas jaringan distribusi dan aksesibilitas masyarakat terhadap energi yang menjadi salah satu roda penting kehidupan sehari-hari. Selain itu, pembangungan Pertashop juga diprioritaskan untuk daerah-daerah yang belum terjangkau SPBU dan selalu mengedepankan aspek HSSE,” ungkap Rustam.

Dia juga menegaskan bahwa Pertashop akan menghadirkan produk dengan harga dan kualitas dijamin sama dengan di SPBU yang ada di perkotaan. Dengan konsep ini, keberadaan Pertamina diharapkan semakin terasa manfaatnya dalam menyebarkan energi baik dengan harga dan kualitas terjangkau.

Kepala Adat Desa Duda, Kecamatan Selat, Kaupaten Karangasem, Bali, Komang Sujana, mengungkapkan ucapan terima kasih kepada Pertamina dan Kemendagri yang membangun Pertashop di wilayah Desa Duda.

“Semoga roda perekonomian di desa ini dapat semakin terbangun dengan adanya Pertashop ini,” ujar Komang berharap.

Dalam upaya memperluas sebarannya, Pertamina telah membuka peluang kerja sama kemitraan dalam mengembangkan bisnis Pertashop kepada Pemerintah Desa, Koperasi, serta pelaku usaha atau UKM di seluruh Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here