Kepala BPPT Hammam Riza dan Direktur Utama PLN, menunjukkan dokumen MoU yang telah ditandatangani tentang Penerapan dan Pengkajian Teknologi Ketenagalistrikan.

Jakarta, Petrominer – PLN terus berupaya mendorong Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada infrastruktur ketenagalistrikan. Kali ini direalisasikan dalam sebuah nota kesepahaman dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tentang Pengkajian dan Penerapan Teknologi Ketenagalistrikan.

Kesepakatan awal tersebut ditandatangani di sela acara webinar ‘Peran Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Ketenagalistrikan dalam Pembangunan Nasional’, Rabu (24/2). Disaksikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Kepala BPPT, Hammam Riza dan Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini.

Luhut menyatakan, melalui kerjasama ini produk-produk dalam negeri diharapkan mampu memenuhi spesifikasi dan berkualitas tinggi. Apalagi, dorongan terhadap penggunaan produk dalam negeri akan menciptakan multiplier effect yang akan membawa Indonesia menjadi suatu bangsa yang mandiri dan tidak tergantung pada produk dari luar negeri.

Sementara Hammam berharap nota kesepahaman ini dapat turut mendorong kebangkitan ekonomi nasional di tengah kondisi pandemi.

“Ketenagalistrikan merupakan infrastruktur utama dalam pembangunan Indonesia. Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) ketenagalistrikan penting untuk dilaksanakan dan didukung oleh semua pihak guna meningkatkan kesempatan lapangan kerja di sektor manufaktur dan mampu menghemat devisa dan bahkan meningkatkan ekspor non-migas Indonesia,” ungkapnya.

Berprinsip saling memberikan manfaat, PLN menyambut baik tiap sinergitas, baik lintas BUMN, maupun lembaga.

Menurut Zulkifli, PLN membutuhkan sinergi dari para stakeholder dalam implementasi P3DN. Keterlibatan industri dalam negeri sebagai mitra kerja pada pembangunan ketenagalistrikan diharapkan bisa berjalan secara optimal, sesuai kapabilitas dan secara makro sehingga dapat meningkatkan perekonimian nasional.

“PLN melaksanakan pembangunan ketenagalistrikan dengan komitmen mengutamakan industri dalam negeri sebagai implementasi peraturan perundangundangan, sehingga hal tersebut merupakan suatu peluang bagi industri-industri dalam negeri lebih berperan sekaligus meningkatkan kapabilitas industrinya,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here