Jakarta, Petrominer – PT Elnusa Tbk (Elnusa) terus mengupayakan perbaikan kualitas eksplorasi minyak dan gas bumi (migas) agar lebih efektif dan efisien. Perusahaan jasa migas ini pun terus mengembangkan akuisisi data seismik. Salah satunya dengan menggunakan teknologi Ocean Bottom Nodes (Nodal).

Ini merupakan inovasi dan teknologi terbaru yang diimplementasikan. Sebelumnya pada akhir tahun 2016, Elnusa menginvestasikan Elsa Regent, sebuah kapal survei seismik marine berbendera Indonesia yang dilengkapi dengan 12 streamer untuk eksplorasi di area lautan luas dan dalam.

Menurut Direktur Operasi Elnusa, Arief Riyanto, penemuan cadangan migas bergantung pada kualitas data seismik yang dihasilkan. Akuisisi data seismik dengan menggunakan Nodal akan mendukung hasil data yang lebih kaya.

“Hal ini tentunya baik untuk mendapatkan gambaran struktur bawah bumi yang lebih akurat dan karakter reservoir yang lebih baik,” ujar Arief, Selasa (23/4).

Lihat juga: ELNUSA Beli Kapal Seismik

Dia menjelaskan, Nodal memiliki empat komponen sensor dengan kelebihan mampu menangkap jenis gelombang seismik yang lebih banyak. Penambahan teknologi ini adalah untuk melengkapi kapabilitas Elnusa dalam jasa akuisisi data seismik baik di darat, zona transisi maupun laut, sesuai kebutuhan data yang diperlukan. Keunggulan lain Nodal dalam eksplorasi migas adalah dapat digunakan secara independen, tidak memerlukan alat perekaman tambahan (autonomous recording), serta dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan eksplorasi.

“Pengembangan kapabilitas ini tentunya melengkapi kemampuan Elnusa dalam jasa akuisisi data seismik. Dengan peningkatan kapabilitas dan pengalaman lebih dari 45 tahun, kami yakin mampu mendukung peningkatan kapasitas nasional,” jelas Arief.

Elnusa telah memulai menggunakan nodal pada survei seismik zona transisi di Blok South West Matindok dan South East Senoro. Aktivitas survei untuk kedua blok telah selesai tepat waktu pada Desember 2018 dan Maret 2019. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki nodal, survei eksplorasi migas terbukti dapat lebih efektif dan efisien.

“Akuisisi data seismik dengan Nodal belum banyak dilakukan di Indonesia. Elnusa merupakan salah satu pioneer dalam penggunaan teknologi ini. Dengan kemampuan baru ini, Elnusa merupakan salah satu perusahaan jasa akuisisi data seismik darat dan laut dengan kapabilitas terlengkap di Indonesia dan Asia Tenggara,” ujar Arief.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here